A+ A A-

Bakpao Berbentuk Tangan

  • Written by  Andreas Susanto
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Bakpao ini melambangkan mudra 手印. Setahu saya ini dipergunakan dalam upacara Yogacara 瑜伽焰口 Buddhist dan dilempar dari panggung upacara oleh Bhiksu yg memimpin acara tersebut. Saya punya pengalaman buruk dengan bakpao bentuk tangan ini. Sepintas bentuknya memang seperti cukiok. 

Artikel Terkait :

{module [201]}

Pengalaman buruk saya terkena lemparan dari panggung dan tepat kena kepala saya. Masalahnya bakpao ini dipergunakan selama 2-3 hari upacara dan dilempar pada upacara puncak. Jadi terbayang keras nya bakpao ini, apalagi kalau sampai kena kepala. Goresan merah adalah goresan dengan kuas dengan tinta Chusa (sejenis bubuk berwarna merah) pada saat 開光 Kaiguang /blessing.

Replika tangan melambangkan Mudra 手印 (gerakan yoga yang dibentuk oleh tangan). Melalui Mudra2 inilah maksud inti dari upacara Yogacara disampaikan pada makhluk2 astral.

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1010-bakpao-berbentuk-tangan

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto