A+ A A-

Kisah Raja Song Taizong : Menolong Dan Meminta tolong

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Via : Facebook Group Budaya Tionghoa

Budaya-Tionghoa.Net | Sebagai manusia ada kalanya kita membutuhkan bantuan orang lain,pada kesempatan yang berbeda orang lain juga akan membutuhkan bantuan kita.Bagaimana orang lain bisa berkenan untuk menolong kita jika kita tidak pernah menolong orang lain?Baik menolong maupun meminta tolong haruslah tepat sasaran. Kata mutiara mandarin mengatakan:

qiu ren xu qiu da zhang fu,ji ren xu ji ji shi wu.Ke shi yi di ru gan lu.zui hou tian bei bu ru wu.

求人须求大丈夫,济人须济急时无。渴时一滴如甘露,醉后添​ 杯不如无。

 

Artikel Terkait :

{module [201]}

Ketika kita membutuhkan bantuan harus mencari orang yang benar-benar mampu untuk menolong,ketika kita memberikan bantuan harus benar-benar tersalurkan untuk yang membutuhkan.Pada saat haus setitik air akan sangat berharga,saat mabuk walaupun ditambah berapa banyak arak tiada guna.

Pada jaman dinasti Song hiduplah seorang raja yang bijak bernama Song Tai Zong. Raja Song Tai Zong sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.Suatu tahun,musin dingin berlangsung lebih dingin dari yang biasanya.Raja SongTai Zong walau sudah menggunakan mantel bulu&berada dalam ruangan yang tertutup masih merasa kedinginan.

Sang Raja berkata:

Udara sangat dingin sekali,rakyat saya yang tidak memiliki mantel&kekurangan kayu bakar pasti kedinginan.Akhirnya beliau mengundang pejabat yang berwenang datang menghadap.Kepada si pejabat tersebut raja Song Tai Zong berkata:sekarang ini udara sangat dingin,kita yang cukup pangan&sandang saja bisa merasakan kedinginan,bagaimana dengan mereka yang kekurangan?Pastilah mereka lebih kedinginan daripada kita.

Pergilah keluar istana,bawalah makanan,mantel&arang.Bagikan barang tersebut kepada mereka yang membutuhkan.Setelah mendapat perintah tersebut si pejabat langsung melaksanakan amanat tersebut.Rakyat jelata yang mendapatkan bantuan tersebut merasa sangat bersyukur.Karena perbuatannya tersebut raja Song Tai Zong mendapatkan nama harum.

Menolong orang lain dalam kesulitan memang merupakan perbuatan baik.Menolong dengan cara yang arif-bijaksana akan menyempurnakan perbuatan baik kita.Mari kita teladani kebijaksanaan raja Song Tai Zong.

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1020-kisah-raja-song-taizong--menolong-dan-meminta-tolong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto