A+ A A-

Kenapa Xue Ren Gui Begitu Mengakar Di Kalangan Rakyat

  • Written by  Ardian Zhang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |Kenapa Xue Rengui [613-683] begitu 'ngetop' dikalangan rakyat jelata, apalagi di daerah Liao Dong sono, nama sohornya tetap berkibar. Juga seberapa hebatnya dia sampai kaisar Gao Zong begitu percaya ama dia. Tentunya jangan dibandingkan ama serial tv drama The Carol of Zhen Guan[1] yang menceritakan kaisar Tang Taizong.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Ada proverbia 三箭定天山 (tiga panah menentramkan Tianshan), ini biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa itu orang amat sangat hebat ilmunya. Peribahasa ini lahir dari kejadian Xue Rengui menghentikan seranga Tuque ( bukan Tuque yang diartikan Turki tapi suku nomaden di sekitaran wilayah Mongolia sekarang ) di Tian Shan pada tahun 662.

Saat itu sembilan kumpulan suku-suku bertemu dengan pasukan kerajaan Tang yang hendak menghentikan serangan suku-suku nomaden di Tianshan ( sekarang gunung Hang Ai, Mongolia ). Suku nomaden itu mengirimkan beberapa pemanahnya dan menantang tentara Tang utk bertarung, Xue Rengui tampilke depan dan memanah mati tiga orang jagoan dari suku nomaden itu dan membuat Tieli, pimpinan mereka menyerah ketakutan akan kehebatan Xue Rengui.

Xue Rengui mulai masuk mengabdi itu tahun 645 dan masih jadi bawahan Zhang Shigui 張士貴. Xue itu termasuk jendral generasi ke dua dalam dinasti Tang atau kasarnya jendral penjaga wilayah dinasti Tang. Mengabdi pada kaisar Tang Tai Zong 唐太宗 Li Shimin 李世民 hanya 4 tahun, sisa hidupnya dia mengabdi pada kaisar 唐高宗.

Xue Rengui itu termasuk golongan hanmenjiangjun 寒門將軍 yg berarti jendral dari kalangan jelata/miskin, bukan dari keluarga bangsawan. Dalam sejarah tiongkok, banyak rakyat jelata, miskin itu bisa menjadi jendral besar, semisal Guan Yu. Tapi apa yang membedakan Guan Yu dengan Xue Rengui ? Guan Yu terkenal pada masa kekacauan, juga jendral2 dalam sejarah Tiongkok semisal Yue Fei.

Xue Rengui ini melalui jalur biasa, jalur karir militer yang terjadi pada masa dinasti Tang sudah kukuh dan tidak ada pemberontakan dalam negri. Xue mendaftarkan diri menjadi militer pada saat ada perekrutan tentara dan ia satu2nya jendral pada masa itu yang berasal dari kalangan rakyat jelata bahkan tergolong kelas petani yang miskin. Karir yang membuat orang kagum antara lain ia dipercaya menjadi kepala pasukan pengawal kaisar, yang merupakan jabatan yg hanya bisa diberikan jika ada kepercayaan dari kaisar.

Tokoh Xue Rengui ini ya jelas akan mengakar mendalam di hati rakyat karena karirnya yg berasal dari kelas jelata, meniti karir mulai bintara hingga menjadi jendral yg dipercaya kaisar. Dalam sejarah dinasti Tang, mungkin hanya Xue Rengui satu2nya yg bisa meraih posisi ini dengan menjadi militer profesional.

Budaya-Tionghoa.Net | Portal Budaya Tionghua

CATATAN KAKI :

[1] Carol of Zhen guan itu drama serial tv yg cerita soal Li Shimin 李世民 dan tahun masa pemerintahannya yang disebut Zhenguan 豟觀 dari tahun [627-649M]


 

Last modified onTuesday, 30 October 2012 04:24
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1032-kenapa-xue-ren-gui-begitu-mengakar-di-kalangan-rakyat

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto