A+ A A-

Marga Buyung , Murong

  • Written by  Xuan Tong | Liang U | Rinto Jiang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Ada yang menanyakan mengenai keluarga Murong karena menurut pengamatannya keluarga ini sering muncul dibeberapa judul film silat seperti Tian Long Ba Bu , Twin Heroes dan The Legend of Chung Wu Yen.

Artikel Terkait :

{module [201]}

 

Keluarga Murong atau marga Murong ini memang benar-benar ada. Keluarga Murong ini adalah suku XianBei 鮮卑 dan pada masa dinasti Utara Selatan 南北朝 dan  sempat 2 kali mendirikan kerajaan.

 

Kerajaan Yan awal didirikan oleh Murong Huang 慕容皝 pada tahun 337 AD dan dihancurkan oleh kerajaan Qin awal ( cat: bukan dinasti Qin yang terkenal ) ditahun 370 AD. Murong Chui 慕容垂 mendirikan kerajan Yan kemudian 後燕 pada tahun 384 dan dihancurkan kerajaan Yan Utara pada tahun 407.

Dalam dialek Hokkian , marga Murong menjadi sne (marga) rangkap Bouyong (Hokkian) yang oleh Gan KL diterjemahkan menjadi Buyung, dalam Mandarin adalah Murong, sampai sekarang di Tiongkok masih ada, meskipun dalam perjalanan sejarah banyak marga ini yang merubah snenya menjadi Mu (Bou) saja.

Cerita silat Jin Yong kebanyakan didasarkan oleh situasi sejarah yang benar, sehingga bisa memberikan pendidikan sejarah bagi pembacanya. Selain negara Yan yang dikuasai keluarga Murong itu benar ada dalam sejarah. Negara Qidan juga memang ada dan penguasa Qidan kebanyakan memang sne Xiao.

Dalam cerita Kiao Hong kemudian ternyata adalah Siao Hong. Negara Dali (Hokkian Taili) memang ada dengan raja dari keluarga Duan (Hokkian Tuan), letaknya di Yunnan, sekarang menjadi salah satu pusat utama turis. Orang Dali adalah suku Bai bukan Han, di sana sekarang ada kota Lijiang dan Sangrila, kota yang terkenal untuk para turis ditengah hutan asli.

Sedikit tambahan bagi yang senang sejarah Tiongkok, atau Cerita Silat dan turisme. Ada yang perlu diralat sedikit nama tokoh cerita Pendekar negeri Taili ini (Tianlong Ba Bu) adalah Duan Yu (Hokkian Tuan Yi) bukan Tuan Ki, suatu kesalahan yang dibuat penerjemah.

Keluarga Murong seperti yang dikatakan sebelumnya,  pernah menjadi raja di beberapa negara kecil. Namun itu di zaman 5 Negara Barbar dan 16 Negara Kecil, jaraknya sudah 5 abad dengan zamannya Tian Long Ba Bu, Pendekar Pemanah Rajawali dan Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali yang mengambil setting zaman Dinasti Song.

Yang ditanyakan  itu mungkin apakah tokoh bermarga Murong yang diulas di dalam novel Jin Yong itu apakah benar ada di dalam sejarah. Tokoh Murong Fu misalnya, ini tentu saja adalah khayalan Jin Yong semata. Semua tokoh bermarga Murong di dalam novel tersebut hanya tokoh fiksi.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 31 October 2012 06:53
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1039-marga-buyung--murong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto