A+ A A-

程门立雪 Cheng Men Li Xue : Kisah Menghormati Seorang Guru

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Via Facebook Group  Budaya Tionghua

Budaya-Tionghoa.Net | Pada jaman dinasti Song hiduplah seorang terpelajar yang bernama Yang Shi.Yang Shi adalah pelajar yang pandai&rajin belajar.Demi memperdalam pengetahuannya,ia rela melepaskan kemuliaan hidup.Yang Shi berkelana ke daerah He Nan berguru kepada seseorang yang bernama Cheng Hao.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Ketika Cheng Hao mangkat,Yang Shi sudah berusia 40 tahun lebih.Karena merasa pengetahuannya masih belum cukup,Yang Shi lantas pergi ke daerah Luo Yang untuk berguru kepada Cheng Yi.Cheng Yi adalah adik dari Cheng Hao.Ketika sampai di tempat tujuan,kota Luo Yang sedang mengalami hujan salju.Saat itu pun Cheng Yi sedang beristirahat.Yang Shi dengan sabar menanti Cheng Yi di luar rumah.

Ketika Cheng Yi terbangun dari istirahatnya,salju di luar sudah sangat tebal.Cheng Yi menemukan Yang Shi masih tetap berdiri di luar menanti dirinya.Hal ini sangat mengharukan hati Cheng Yi,segera beliau menyuruh Yang Shi untuk masuk ke dalam rumah.Semenjak itu Cheng Yi dengan sungguh-sungguh mengajar Yang Shi.Akhirnya Yang Shi berhasil menjadi seorang pelajar yang sangat berwawasan.


Jaman memang terus berubah.Cerita di atas memberitahu kepada kita pada jaman dahulu begitu sulitnya untuk menimba ilmu.Demi memperdalam pengetahuannya harus berguru dari satu guru ke guru yang lain.Untuk dapat diterima sebagai murid harus ada pengorbanan.Bandingkan dengan jaman sekarang.Seorang guru yang berlaku agak keras saja dalam mendidik sudah mendapatkan protes.

Ketika kita sedang mengerjakan skripsi ,dosen pembinbing karena kesibukannya agak sulit ditemui,tak jarang kita mengeluh-menggerutu.Pengorbana​n kita dalam menimba ilmu apakah sudah dapat disamakan dengan pengorbanan Yang Shi.Pepatah mandarin cheng men li xue digunakan untuk mengungkapkan perilaku yang sangat menghormati seorang guru

 

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group  Budaya Tionghua

 


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1051-%E7%A8%8B%E9%97%A8%E7%AB%8B%E9%9B%AA-cheng-men-li-xue--kisah-menghormati-seorang-guru

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto