A+ A A-

Kwik Kian Gie [Guo Jianyi]

  • Written by  Memento Mori
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Kwik Kian Gie [Guo Jianyi] dilahirkan pada bulan tanggal 11 Januari 1935 di kota Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kwik sempat menempuh pendidikan di SMA Erlangga Surabaya dan melanjutkan ke Fakultas Ekonomi , Universitas Indonesia selama setahun sebelum berangkat ke Belanda pada tahun 1956 untuk melanjutkan pendidikan di Nederlandsche Economiche Hogeschool [Erasmus Huis], Rotterdam, Belanda [1956-1963]. Di Belanda , Kwik menikah dengan wanita Belanda , Edith Johanna de Wit.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Kwik sempat berkerja selama setahun di Kedubes RI di Den Haag [1964-1965] kemudian menjadi Direktur NV Handelsonderneming “IPILO Amsterdam”. Di tahun 1970 Kwik kembali ke tanah air dan di tahun 1971 Kwik mulai terjun ke dunia bisnis di Indonesia dan terlibat dalam berbagai perusahaan seperti PT Altron Panorama Electronic, PT Jasa Dharma Utama, PT Cengkih Zanzibar, dan PT ABN Amro Finance.

Ditahun 1983 , Kwik merupakan salah satu pendiri dari Institute Manajemen Prasetya Mulya dan menjabat sebagai Direktur sampai tahun 1988. Di tahun 1987 bersama-sama dengan Djoenaedi Joesoef dan Kaharuddin Ongko mendirikan Institut Bisnis dan Infomatika Indonesia [IBII] dan ditahun 1993 berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI.

Di tahun 1983 , Kwik bergabung dengan dengan Partai Demokrasi Indonesia [PDI] dimasa kepemimpinan Soerjadi. Dalam tahun yang sama dia mewakili PDI sebagai anggota Badan Pekerja MPR. Pasca konflik internal PDI , Kwik bergabung dengan Megawati yang mendirikan PDI Perjuangan. Dalam karir politiknya bersama PDI Perjuangan , Kwik sempat menjabat sebagai Ketua DPP , Ketua Badan Penelitan dan Pengembangan [Balitbang] di dalam PDI, Wakil Ketua MPR RI, Mentri Koordinator Bidang Perekonomian[1999-2001] di masa presiden Gus Dur [1999-2001]. Mentri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional [2001-2004], Anggota Komisi IX DPR RI dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Kwik juga merupakan penulis yang aktif. Buku yang ditulisnya antara lain adalah "Saya Bermimpi Jadi Konglomerat" [1993] , "Analisis Ekonomi Politik Indonesia" [1994] , "Praktek Bisnis dan Orientasi Ekonomi Indonesia" [1998] , "Ekonomi Indonesia Dalam Krisis dan Transisi Politik" [1999].

Kwik Kian Gie dikarunai tiga anak dari dari kehidupan pernikahannya dengan Edith. Anak pertama , Kwik Ing Hie merupakan alumnus Syracuse University dan Stanford University [S2] , Anak keduanya yang perempuan , Kwik Mu Lan , alumnus Universitas Erasmus [almamater ayahnya] dan anak ketiga , Kwik Ing Lan.

Atas pengabdiannya terhadap negara, Kwik juga memperoleh penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana RI.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa | Facebook Group Tionghoa Bersatu

 


Last modified onThursday, 01 November 2012 08:25
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1054-kwik-kian-gie-guo-jianyi

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto