A+ A A-

Wesley So , Tanpa Pelatih Menjadi Salah Satu Grand Master Termuda

  • Written by  Huang Dada
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Wesley So adalah seorang Chinese Filipino [Tionghua Filipina] kelahiran 9 Oktober 1993. Merupakan seorang chess prodigy dan salah satu peraih norma Grand Master termuda di dunia pada usia 14 tahun. Sebelumnya di usia 12 tahun , Wesley So meraih norma Master International.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Perkembangan ELO Ratingnya secara bertahap dimulai dari 2165 lantas ke 2216 di tahun 2005. Di tahun 2007 , Wesley mencapai ELO 2451 sebelum mencapai ELO 2526 di tahun berikutnya. Pada bulan Oktober , Wesley mencapai ELO 2610 dan menjadi pemain termuda yang menembus batasan ELO 2600. Di bulan Januari 2011 , Wesley mencapai ELO 2673. Dengan pencapaian seperti ini Wesley So menjadi pemain no 1 di Filipina, no 3 pemain U-20 [Dibawah usia 20 tahun] dan peringkat 64 dunia secara umum.

Wesley dilahirkan di Manila tahun 1993 dari pasangan William dan Eleanor So yang keduanya berprofesi sebagai akuntan. So diajari catur oleh ayahnya sejak usia enam tahun dan mulai ikut kompetisi pada usia 9 tahun. Bakat yang menonjol menarik perhatian Master Internasional Rodolfo Tan Cardoso.

MI Cardoso menggambarkan GM Wesley sebagai anak muda yang akan mengorbankan Ratu [Queen] atau perwira lain sebagai arsenal serangan untuk mencapai kemenangan. Wesley juga tidak mendapatkan latihan seperti yang dialami prodigy-prodigy yang lain dan hanya mengandalkan bakat alami-nya dan program Fritz sebagai partner latihan.

Salah satu pertarungan Wesley yang menarik disimak adalah melawan GM Susanto Megaranto dalam JAPFA Chess Festival . Wesley mendominasi pertandingan dengan tiga kemenangan , dua kali remis dan satu kali kalah.

Wesley adalah fenomena baru bagaimana seorang pecatur mencapai jajaran elite sebagai Grand Master dengan ELO Rating diatas 2600+ tanpa pelatih sebagaimana GM Cerdas Barus dari Indonesia.

Selama ini dunia catur didominasi oleh Soviet dan negara pecahannya, disusul dengan fenomena baru dari India dan China. Wesley So menandai era baru dalam dunia catur bersama kemunculan Grand Master Super Hikaru Nakamura yang merupakan keturunan Jepang , dan GM Hou Yifan , seorang pecatur muda wanita yang potensial.

 

DADA

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghua

[Foto Ilustrasi , Reginjanice , Wesley So outside the playing hall after clinching his GM title via a 19-move draw with Iran's GM Ehsan Ghaem Maghami of a Sicilian Najdorf.]

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1055-wesley-so--tanpa-pelatih-menjadi-salah-satu-grand-master-termuda

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto