A+ A A-

讳疾忌医 Hui ji ji yi - Menyembunyikan Kekurangan Karena Takut Dikritik

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

VIA : Facebook Group Budaya Tionghoa

Budaya-Tionghoa.Net | Pada jaman zhan guo(antar kerajaan saling berperang) di kerajaan Qi hiduplah seorang tabib yang bernama Bian Qie.Suatu hari Bian Qie pergi menghadap raja Cai Huan Gong,ia mengamati air muka baginda raja merasa ada yang kurang beres.Bian Qie lantas berkata:raja,tubuh anda nanpaknya kurang sehat,sumber penyakitnya ada di dalam kulit,jika tidak segera diobati,dikuatirkan bisa bertambah berat.Saat itu raja Cai Huan Gong merasa tidak percaya,mengabaikan begitu saja diagnosa Bian Qie.

 

Artikel Terkait:

{module [201]}

Lewat 10 hari kemudian Bian Qie mengatakan penyakit sang raja sudah menyebar ke dalam otot,namun Cai Huan Gong tetap saja pada pendiriannya.10 hari yang kedua juga sudah berlalu,Bian Qie bertemu dengan sang raja,mengatakan jika penyakitnya sudah menjalar ke lambung.Saat itu Cai Huan Gong tetap saja acuh tak acuh.

Tak lama kemudian Bian Qie kembali menemui Cai Huan Gong,mengatakan jika penyakitnya telah menyebar ke dalam sum-sum,tidak ada cara untuk mengobatinya.Raja Cai Huan Gong yang semenjak awal tidak mempercayai diagnosa Bian Qie hanya tersenyum&mempersilahkan ia kembali.Beberapa hari kemudian raja Cai Huan Gong benar-benar merasakan sekujur tubuhnya sakit.Saat itu beliau baru mempercayai perkataan Bian Qie.Sayang sekali karena terlambat menyadari hal tersebut,jiwa sang raja menjadi tak tertolong.

Setiap orang tentunya ingin memiliki kesehatan yang prima.Ketika seseorang sedang tidak enak badan,ia harus berobat.Penyakit harus segera diobati agar tidak menjadi kronis.Sebagai manusia setiap orang pasti memiliki kelebihan&kelemahan.Kelemahan/kekurangan yang ada dalam diri kita ibarat penyakit.

Penyakit jika tidak segera diobati menjadi lebih parah,kekurangan dalam diri sendiri jika tidak segera diperbaiki akan merugikan pribadi masing-masing.Penyakit diketahui dari doagnosa dokter,kekurangan diri sendiri diketahui dari kritik yang dilontarkan kepada kita.Memang lebih mudah untuk mengkritik orang lain daripada menerima kritikan orang lain.

Pepatah mandarin hui ji ji yi(menyembunyikan penyakit karena takut diobati) digunakan untuk mengungkapkan menyembunyikan kekurangan karena takut dikritik


Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1067-%E8%AE%B3%E7%96%BE%E5%BF%8C%E5%8C%BB-hui-ji-ji-yi-menyembunyikan-kekurangan-karena-takut-dikritik

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto