A+ A A-

Makanan Berwarna Kuning Bagi Kesehatan Tubuh

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Dalam Traditional Chinese Medicine [TCM] , "Huang Di Nei Jing",  tubuh dipercaya merupakan satu kesatuan organik dengan organ yang terikat lima elemen , lima rasa , lima musim , organ , lima mood dan  lima warna . Lima warna itu adalah adalah hijau , merah , kuning , putih dan hitam.

Memakan warna tertentu dapat membantu mengatur dan memperkuat organ terkait. Dalam TCM , warna kuning berhubungan dengan limpa. Limpa memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme sel darah merah. Dan juga memainkan peran penting bagi sistem imunisasi terhadap infeksi dan penyakit.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Menyantap sepiring makanan yang penuh warna adalah hal yang baik. Perhatikan makanan berwarna kuning yang bermanfaat bagi tubuh. Buah Lemon misalkan , memainkan peranan yang baik sebagai pusat nutrisi. Di tahun 1747 , James Lind menemukan bahwa Vitamin C dari buah citrus menyembuhkan penyakit kudis yang diderita pelaut. Lemon juga meningkatkan mood saat digunakan sebagai bahan aromaterapi , menaikkan sirkulasi darah dan meningkatkan kekebalan. Lemon juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

Sementara itu , nilai gizi pada kacang kedelai terletak diantara daging dan sayuran. Mereka adalah sumber protein yang kaya isoflavone , yang bermanfaat untuk meringankan gejala menopause , mencegah kanker , memperlampat proses osteoporosis dan mengurangi resiko penyakit jantung. Diet Asia juga banyak menggunakan produk kacang kedelai. Tahu dan tempe merupakan produk paling populer dari kacang kedelai. Kulit kacang kedelai kaya akan serat dan sebaiknya jangan dibuang. Mereka dapat meningkatkan metabolisme pencernaan , mereduksi kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung. Kacang kedelai juga mengandung zat besi yang dapat membantu mengurangi anemia. Kacang kedelai juga mengandung zat yang meniru estrogen dan dapat diterapkan untuk wanita pasca menopause.

Pisang merupakan sumber gula dan serat yang baik untuk memulihkan energi. Mudah dibawa dan dimakan dan harganya murah dibandingkan jenis buah-buahan yang lain. Pisang juga mengandung kadar potasium yang tinggi dan sodium yang rendah , dan merupakan kombinasi yang tepat untuk mencegah hipertensi. Pisang juga mengandung kadar zat besi yang membantu fungsi hemoglobin dan anemia. Pisang juga dapat mengembalikan zat potasium yang hilang selama sakit diare yang menghabiskan elektrolit pada tubuh termasuk potasium. Pisang juga mengandung pektin , serat yang dapat memulihkan pencernaan yang terganggu. Manfaat lain dari pisang adalah kemampuannya mengurangi depresi. Pisang mengandung triptofan, asam amino yang dimetabolis menjadi serotonin, yang dapat meningkatkan mood.

Jagung juga mengandung serat yang membantu kondisi tubuh tetap normal dan penting untuk rutinitas. Jagung juga mengurangi resiko kanker usus. Jagung juga kaya kalori dan rendah kadar lemaknya. Jagung kaya vitamin B , terutama Thiamin , yang membantu menjaga kesehatan syaraf. Warna kuning dari jagung datang dari beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh dan berguna untuk kesehatan mata dan keindahan kulit. Biji dari jagung kaya akan vitamin E , antioksidan yang mencegah penuaan dini. Serabut yang terdapat dalam jagung seperti rambut sering dibuang begitu saja padahal rambut jagung dianggap sebagai diuretik bila direbus dalam air dan dapat mengurangi kadar gula dalam darah .

Labu hangat dapat menambah energi , menaikkan fungsi limpa dan perut dan membunuh rasa sakit.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

REFERENSI :

  1. China Daily , " Eat Healthy , Eat Yellow" , 2011
  2. whatsonxiamen.com , "The Colours of Food and Their Corelating Elements - TCM Explains", 2009

Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1087-makanan-berwarna-kuning-bagi-kesehatan-tubuh

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto