A+ A A-

Kitab Tiga Aksara Dalam Bahasa Theochew

  • Written by  Joao Kho
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Kitab Tiga Aksara disebut juga San Zi Jing 三字经[15], selanjutnya disebut San Zi Jing,karena terdiri dari untaian tiga aksara yang pendek, yang akan memudahkan anak-anak belajar mengingat dan mengenal kata-kata sehingga bisa membaca.

 

Kitab ini dibuat pada jaman dinasti Song ( 960-1279 AD ) dan pada umumnya orang berpendapat pengarangnya adalah Wang Yinglin 王应麟 (1223-1296 AD ) dengan jumlah aksara bervariasi dari 1200 aksara hingga 1600 aksara.

Perbedaan jumlah aksara karena diselipkan pelajaran sejarah, dan dari dinasti ke dinasti selalu ada penambahan tentang sejarah.

San Zi Jing adalah bacaan wajib anak-anak sekolah di Taiwan, Hongkong, sekarang di Tiongkok dan beberapa sekolah di Singapore, bahkan ada yang mengajarkan sebelum anak-anak itu belum belajar baca tulis dengan cara melantunkan isinya, selain Kitab Tiga Aksara, Kitab Aturan Murid dan Anak 弟子规 juga merupakan bacaan wajib.

Menjadi bacaan wajib karena selain sebagai alat pelajaran pengenalan aksara dan cara membaca, dan jika ada kesulitan dalam membaca, diajarkan metode membaca yang benar, bukan sekedar menghafal isinya.Juga mengandung ajaran moral, budi pekerti.Selain itu juga ada metode pendidikan janin, dimana janin sudah diajarkan dan disebut sebagai tai jiao 胎教[16].

Artikel Terkait :

  1. Ardian , http://web.budaya-tionghoa.net/home/79-lenyapkah-budaya-membaca-dan-belajar
  2. Hendri Irawan , http://web.budaya-tionghoa.net/home/56-lenyapkah-budaya-membaca-dan-belajar
  3. Xuan Tong , http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/adat-istiadat/149-tai-jiao-pendidikan-janin

 

Bagi yang berminat mengetahui cara lafal Kitab Tiga Aksara (San Zi Jing) dalam bahasa Teochew, bisa buka youtube divideo dibawah ini

{youtube}uOfv-vF6G98{/youtube}

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onSunday, 04 November 2012 13:43
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1098-kitab-tiga-aksara-dalam-bahasa-theochew

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto