A+ A A-

San Zi Jing dan Di Zi Gui Adalah Pendidikan Dasar Buat Anak

  • Written by  Hendri Irawan
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Perbedaan antara Di Zi Gui dan San Zi Jing [Kitab Tiga Aksara] adalah ; Di Zi Gui lebih menitikberatkan kepada perilaku, tata krama dan budi pekerti kehidupan sehari sehari, misalnya bagaimana berbakti kepada orang tua dengan cara "Bila dipanggil oleh orang tua, segeralah menjawab. Bila diminta orang tua untuk mengerjakan sesuatu, lakukanlah segera."

Artikel Terkait :

{module [201]}

Sedangkan San Zi Jing memasukkan unsur-unsur pengetahuan dasar, budaya dan sejarah Tionghoa. Bagian pertama pembuka San Zi Jing misalnya, menceritakan tentang ide Mengzi, bagaimana watak sejati manusia itu menurut Mengzi. Dan apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga watak sejadi itu, yaitu melalui pendidikan. Juga diberikan contoh bagaimana ibu Mengzi berpindah 3 kali demi pendidikan anaknya dan contoh bagaimana ibu Mengzi yang menyikapi perilaku Mengzi yang tidak serius belajar.

Ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwa Di Zi Gui dijadikan hanya
sebagai alat orang tua untuk mengendalikan anak. Menurut saya hal ini kurang tepat. Seyogianya seorang anak diberi pendidikan Di Zi Gui dan juga San Zi Jing. Jikalau dirasakan San Zi Jing"terlalu Tionghoa" maka hal ini bisa disuplemen dengan seleksi terhadap beberapa baris San Zi Jing.

Maksudnya revitalisasi
San Zi Jing di Tiongkok daratan itu adalah karena pada masa revolusi kebudayaan, segala hal yang "dianggap kuno" dan bertentangan dengan pandangan politik penguasa diberangus. Salah satunya adalah San Zi Jing. Seiring dengan peningkatan kemakmuran masyarakat di sana, mungkin mereka merasa ada "jati diri" yang hilang dan hanya menjadi "binatang ekonomi". Sehingga sekarang banyak pihak dan orang tua yang mengenalkan kembali pendidikan budaya "kuno" ke anak-anaknya. Dan Kitab Tiga Aksara menjadi pilihan utama karena merupakan rangkuman terhadap budaya dan sejarah Tionghoa.

Sekarang ini di Indonesia banyak pihak yang menggiatkan kembali
pendidikan Di Zi Gui dengan label pendidikan "Budi Pekerti". Sayang sekali untuk San Zi Jing belum kelihatan. Mungkin karena ini juga ada beberapa pihak yang berpandangan lain mengenai "Budi Pekerti" ini.

 Yong De

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa


Last modified onSunday, 04 November 2012 13:28
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1099-san-zi-jing-dan-di-zi-gui-adalah-pendidikan-dasar-buat-anak

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto