A+ A A-

TAI SHANG LAO JUN 太上老君

  • Written by  You Qing Long
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| TaiShang LaoJun yang merupakan bagian dari San Qing yaitu Yuan Shi Tian Zun, Dao De Tian Zun atau Tai Shang Lao Jun , atau Ling Bao Tian Zun. Disini kita tidak akan membahas masalah San Qing ini tapi lebih memfokuskan pada TaiShang LaoJun.

Artikel Terkait :

{module [201]}

TaiShang LaoJun secara historis adalah Lao Zi, diperkirakan lahir tahun 604 BC. Seorang filosof luar biasa dan meletakkan
dasar fondasi bagi filsafat Dao atau yang sering disebut Dao Jia.

Catatan mengenai LaoZi ini ada dalam ShiJi atau Catatan Sejarah yang disusun oleh Sima Qian pada masa dinasti Han. Lao Zi bernama Li Er , penduduk negri Chu.

Mengenai kelahiran Beliau tidak ada yang memberikan data yang tepat. Tapi sumbangsih Beliau dalam menjabarkan kata Tao sungguh luar biasa dan merupakan suatu terobosan yang baru dalam perkembangan filsafat Tiongkok.

Dalam perkembangannya kemudian hingga pada masa
dinasti Han , kisah-kisah LaoZi tidak hanya sekedar seperti kutipan diatas. Kisah-kisah yang berkaitan dengan diriNya bermunculan dan mulai mengandung mitos. Misalnya dalam ShenXian Zhuan (catatan para dewa) 神 仙 传 yang dibuat oleh Ge Hong dan Beliau mengumpulkan kisah-kisah seputar LaoZi. Misalnya kisah kelahiranNya yang begitu luar biasa, 72 tahun dalam kandungan dan ketika lahir rambutnya sudah memutih semua , karena itu disebut LaoZi.

Pada masa dinasti Han timur , masa pemerintahan kaisar
Han MingDi dan Han ZhangDi ( berkisar 58-88) , Wang Fu 王 阜 membuat pilar peringatan mengenai LaoZi. LaoZi disebut telah ada sebelum alam semesta lahir bahkan disejajarkan dengan Dao. Pada masa pemerintahan SunDi (126-144) , Zhang DaoLing mendirikan aliran 5 gantang beras dan menyatakan bahwa LaoZi adalah pendiri agama Dao dan disebut TaiShang LaoJun. Hal ini termaktub dalam kitab TaiPing Jing (kitab Kedamaian Yang Agung).

TaiShang LaoJun sebagai guru atau yang membimbing Dao.
Kaum Taoist percaya bahwa TaiShang LaoJun adalah Guru yang membimbing dan mengajarkan Tao kepada para kaisar purba seperti Shen Nong ,Fu Xi , Huang Di , Di Ku , Yao dan Sun.

Misalnya pada masa pemerintahan kaisar Shen Nong , Beliau menjelma menjadi Jiu Ling Lao Zi 九 灵 老 子 . Pada masa Fu Xi , Beliau menjadi Yu Hua Zi 郁华 子. Pada masa HuangDi , Beliau menjadi Guang Cheng Zi 广 成 子, pada pemerintahan Yu menjadi Zhen Xing Zi 真 行 子, pada masa Wen Wang dari dinasti Zhou , Beliau menjelma menjadi Wen Yi Xian Sheng 文 邑 先 生. Dapat dilihat bahwa Beliau menjadi guru yang membimbing para kaisar jaman purba hingga masa Xia ,Shang hingga awal dinasti Zhou.

Dalam banyak hal TaiShang LaoJun dianggap sebagai
Tokoh yang merupakan bagian dari San Qing. Kemudian ada kitab yang disebut TaiShang LaoJun QingJing Jing (kitab Kemurnian dan Keheningan TaiShang LaoJun) yang dianggapmerupakan intisari dari pemahaman Dao bahkan jika dalam Buddhism bisa dianggap setara dengan kitab Sutra Hati.

Penghormatan kepada TaiShang LaoJun dilakukan secara
besar-besaran pada tanggal 15 bulan 2 penanggalan Imlek. TaiShang LaoJun banyak ditaruh di San Qing Dian 三 清 殿(aula 3 Kemurnian) dan posisiNya diletakkan disebelah kanan YuanShi TianZun 元 始 天 尊.

Jika dalam posisi sendiri aula itu sering disebut Tai Qing Dian 太 清 殿. Misalnya di Chang Chun Guan di kota Wu Han ada Tai Qing Dian dimana TaiShang LaoJun diapit oleh 2 orang muridNya , yaitu NanHua ZhenRen 南 华 真 人 ( Zhuang Zi 庄 子) dan WuShang ZhenRen 无上 真 人 ( Yin Xi 尹喜).

Pada hakekatnya sejak dari jaman dahulu TaiShang LaoJun dianggap manifestasi dari WuShang Da Dao 无上 大 道 atau Tao Maha Besar Yang Tak Terrhingga. Adalah manifestasi dari Dao Qi yang Abadi 道 气 长 存 , merupakan akar dari agama Tao

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa


Last modified onSunday, 04 November 2012 11:58
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1100-tai-shang-lao-jun-%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD%EF%BF%BD

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto