A+ A A-

[Q-A] Kisah Nazha dan Li Jing

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Nazha berasal dari India? Bisakah menceritakan kisahnya? Dan sumbernya darimana? Karena kisah yang umumnya saya dengar Nazha adalah anak dari Jenderal Li yang senantiasa membawa pagoda.

Budaya-Tionghoa.Net| Kisah Nazha dan Li Jing merupakan kisah dari karya sastra Fengshen Bang. Agama rakyat menyerapnya kedalam khazanah dewa mereka. Tapi selain itu, banyak ilmu-ilmu yang bertebaran di kalangan rakyat mengunakan panglima 5 tangsi, dimana yang berkuasa ditengah adalah Zhongtan Yuanshuai atau Li Nazha.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Yang sering menggunakan itu adalah jitong dan Maoshan rakyat, selain dari mereka ada beberapa aliran yang menggunakannya atau menyerapnya. Seperti yang saya tuliskan terdahulu bahwa rakyat yang meng"create" terkadang diserap oleh aliran-aliran tertentu.

Li Tianwang atau Raja Langit Li aslinya adalah tokoh jendral masa dinasti Tang dengan nama Li Jing. Berbeda jauh dengan kisah Fengshen yang menuliskan bahwa Li Jing adalah kepala penjaga gerbang Chen Tang. Jasa-jasa beliau dalam mengamankan dinasti Tang sehingga didewakan oleh rakyat luas.

Sedangkan menurut sejarah, Nazha dan Li Jing Dewa Langit pembawa
pagoda ( Li Jing Tuota Tianwang ) berasal dari pengaruh Buddhism.

 

[Photo Ilustrasi : Nazha bersama Li Tianwang , oleh SSTD Mekar Teratai - Semarang]

Perlu kita ketahui bahwa Buddhism Mahayana banyak menceritakan dewa- dewa, seperti Tianlong Babu ( cat: 8 pelindung dharma, yang menjadi judul cerita silat karangan Jin Yong ). Asalnya adalah salah satu pangeran atau anak dari raja langit Bisha men.

Dalam catatan Wudeng HuiYuan karangan Puji pada masa dinasti Song, disebutkan bahwa ia demi membalas budi orangtuanya, ia memotong- motong tubuhnya dan mengembalikannya kepada orangtuanya, kemudian ada mujizat sehingga tubuh yang dipotong itu kembali utuh. Dan ia membabarkan dharma kepada orangtuanya.

Catatan ini yang mempengaruhi cerita Fengshen Bang.



Hormat saya,

Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa


Last modified onSunday, 04 November 2012 14:27
Rate this item
(3 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1102-q-a-kisah-nazha-dan-li-jing

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto