A+ A A-

Nona Lu Menghibur Hati Sang Ayah

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

VIA : Facebook Group Budaya Tionghoa

Budaya-Tionghoa.Net | Pada jaman dinasti Ming hiduplah seorang yang bernama Lu Wen Lie.Tuan Lu memiliki seorang anak gadis.Ketika ia masih kecil,sang ayah sering bercerita kepadanya kisah anak-anak berbakti.Meskipun usianya kecil,akan tetapi ia bisa memahami kisah yang diceritakan oleh sang ayah.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Saat nona Lu beranjak remaja(16 tahun) sang ayah sakit keras.Tuan Lu Wen Lie berkata kepada anaknya:ibu kamu masih muda,adik-adik kamu juga masih kecil,kelak jika kamu telah berkeluarga mereka akan menggantungkan diri kepada siapa?

Nona Lu lantas menjawab:saya bersedia untuk tinggal bersama ibu&adik-adik.Setelah sang ayah meninggal,si ibu berkata kepada nona Lu:saya sendiri sudah kewalahan mengurusi adik-adik kamu,apalagi jika ditambah harus mengurus diri kamu.

Mendengar perkataan dari si ibu,nona Lu menjawab:ibu janganlah kuatir,saya bisa menghidupi diri saya sendiri,janganlah merasa cemas. Semenjak itu nona Lu setiap hari berjualan dipinggir jalan. Uang yang didapatkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,jika ada lebih digunakan untuk membeli sesajian altar leluhur.

Beberapa waktu kemudian adik-adik nona Lu beranjak dewasa&saatnya berkeluarga.Nona Lu pun mengadakan pesta pernikahan untuk mereka.Ada kalanya para adik ipar bersikap tidak hormat kepada si ibu,nona Lu lantas memilih tidak makan.

Tindakan nona Lu ini menggetarkan hati para adik iparnya,mereka sekeluarga hidup berbahagia. Nona Lu pada saat ayahnya kritis dapat memberikan penghiburan,dia juga dapat membuktikan janjinya kepada sang ayah. Selain itu nona Lu juga dapat berbakti kepada ibu&leluhurnya.Terhadap adik-adiknya juga penuh kasih&perhatian. Nona Lu bisa berbuat demikian karena semasa kecilnya sering mendengarkan cerita-cerita bakti dari mendiang sang ayah. Karena itu janganlah kita menyepelekan cerita-cerita di masa lalu yang sangat penuh dengan nilai-nilai luhur.

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1115-nona-lu-menghibur-hati-sang-ayah

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto