A+ A A-

Chinese Inventions - Chuiwan Atau "Golf"?

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email
 

Budaya-Tionghoa.Net | Patrick L. Smith di tahun 2006 menulis sebuah tulisan tentang apakah orang Tionghua menciptakan golf? Smith memulai bubuk mesiu sebagai prolog. Bubuk mesiu memang salah satu dari penemuan penting selain kompas , kertas dan percetakan menurut Francis Bacon. Selain itu Smih menyebutkan berbagai penemuan Tiongkok lainnya seperti payung , phosphorescent paint [dan saya tambahkan dengan brandy-whisky , lacquer , seismograf etc]. Tetapi bagaimana dengan permainan Golf ?


Golf selama ini dianggap berasal dari St Andrews , Scotlandia; walau pihak Jepang menganggap Belanda sebagai tempat asal golf karena pottery painting di Belanda 50 tahun lebih awal daripada di Skotlandia. Pertanyaan mengenai apakah orang Tionghua menciptakan permainan golf kemudian permainan itu sampai ke dunia Barat sebelum setiap gembala orang Skotlandia berpikir mengenai permainan golf ? Tentu saja posisi orang Skotlandia dalam masalah ini berkata tidak.

Tulisan Smith ini berdasarkan bukti dari Professor Ling Holing , seorang professor dari Northwest Normal University di Lanzhou , Provinsi Gansu . Ling berpendapat bahwa Golf berasal dari Tiongkok dan referensi awal dapat ditelusuri kembali ke masa Dinasti Tang Selatan , lima abad sebelum Skotlandia.  Untuk mendukung thesis-nya , Ling mengajukan serangkaian bukti disamping lukisan Ming ; yakni sebuah lagu yang berasal dari abad 10 , dimana satu pejabat daerah mengajarkan putrinya untuk menggali lubang di tanah dan menggiring bola kearah lubang itu.

Permainan klasik Tiongkok yang mirip golf disebut sebagai chuiwan 捶丸 . Chui berarti memukul dan wan berarti bola , arti chuiwan adalah memukul bola. Dalam permainan itu , bola akan di digiring ke arah serangkaian lubang di tanah. Permainan ini mirip dengan golf modern. Hao Gengsheng menyebutnya sebagai "Chinese Golf" [Hao Gensheng: 1926]. Seberapa mirip antara chuiwan dan golf , serta hubungan antara keduanya masih menjadi pertanyaan dan studi lebih lanjut.

Salah satu bukti adalah buku "Wan Jing" 丸經 atau "Manual Dari Permainan Bola" yang dipublikasi di tahun 1282 , merupakan penuntun awal untuk permainan yang menyerupai golf , terlepas dari berbagai aturan dan batasan permainan. Buku "Wan Jing" mencatat bahwa kaisar-kaisar tertentu seperti Kaisar Huizong 徽宗 dari Dinasti Song dan Zhangzong dari Dinasti Jin memainkan Chuiwan dengan stik berwarna. [Wan Jing of the Yuan Dynasty, from First Collection of Books]. Bukti ini menunjukkan bahwa di di awal abad 12 M , permainan ini telah menjadi permainan di kalangan penguasa sebagai hiburan.

Chen Wanli dalam buku berjudul "Pottery Pillow" memilih berbagai lukisan sebagai ilustrasi dimana anak-anak telah memainkan chuiwan. Dalam beberapa lukisan terlihat anak memegang stik dengan berbagai bentuk , baik pubang maupun shaobang. Bukti ini menunjukkan permainan ini juga populer dikalangan rakyat jelata [Chen Wanli : 1954].

Dalam Dongxuan lu 東軒錄 yang ditulis Wei Tai di masa Dinasti Song , ada satu gambaran tentang seorang pejabat daerah di masa Dinasti Tang Selatan mengajarkan anak gadisnya untuk menggali lubang di tanah dan menggerakkan satu bola kearah lubang-lubang tersebut.

Dalam publikasi terbaru "A Picture Collection Of China's Ancient Sports Relics" , satu gambar berwarna dalam lukisan mural disebah kuil yang didedikasikan untuk Dewa Air di provinsi Shanxi , yang berasal dari masa Dinasti Yuan [1271-1368] ,  kembali mengilustrasikan para pejabat pemerintahan mengayunkan stik . [Shao Wenliang , p156]

Dokumen terakhir tentang Chuiwan di Tiongkok adalah dua lukisan dimasa Dinasti Ming. Dalam lukisan ini , Zhu Zhanji  atau Kaisar Xuande  [1426-1435 M] memainkan chuiwan di istana. Analisa Ling , sang kaisar memegang satu stik disetiap tangannya. Karena bola meluncur setengah jalan , kaisar berpikir bahwa stik yang dia gunakan tidak sesuai. Oleh karena itu dia memerintahkan seorang kasim remaja untuk mengambilkan yang lain untuknya. Seorang kasim yang lebih senior berjalan ke arah kaisar dengan bola di tangan , seraya menjelaskan bahwa berat bola berpengaruh terhadap seberapa jauh bola bergerak , kemudian menasehati kaisar untuk mengganti bola. Dalam buku "Wan Jing" ada aturan bahwa ukuran bola proporsional terhadap ukuran stik. [Shao Wenliang, p158]

Selain lukisan diatas , ada lukisan lain berjudul "Wanita Cantik Bermain Chuiwan" karya Du Jin [1465-1487 M]. Dalam lukisan itu , tiga wanita cantik bertanding dan dua pelayan wanita menjaga stik majikannya. Lukisan ini memunculkan pertanyaan apakah wanita-wanita itu bermain chuiwan atau "Chinese Golf" seperti yang diistilahkan Hao Gengsheng sebelumnya. Anehnya permainan ini tidak ditemukan dalam catatan sejarah setelah pertengahan Dinasti Ming. [Shao Wenliang , p160]

Ling berpendapat bahwa permainan asal Tiongkok ini diperkenalkan ke Barat melalui perantaraan Mongol yang saat itu berjaya. Buku "Wan Jing" adalah media terbaik untuk memperkenalkan itu. Menurut Ling , dengan ide dari buku itu , disetiap tempat seseorang dapat menempatkan kakinya untuk bermain , dan pada akhirnya berkembang menjadi golf. Catatan awal dari permainan golf di Eropa dimulai pada tahun 1457. Pada saat itu adalah masa pemerintahan James II , ketika parlemen membuat kebijakan untuk melarang permainan "golf".  Catatan sejarah tentang Chuiwan bisa ditelusuri di sekitar tahun 943 M sedangkan catatan di Eropa baru muncul tahun 1457. Rentang keduanya sekitar 5 abad.

Tongkat yang digunakan di Tiongkok ada berbagai jenis seperti cuanbang , pubang dan shaobang. Ketiganya ekuivalen dengan driver , 2-wood dan 3-wood. Perbedaan bentuk stik ini dapat ditelusuri dari sejumlah catatan selain lukisan dalam "Pottery Willow", seperti bentuk shaobang dalam satu opera berjudul "She Liu Rui Wan Ji" atau "Anecdote of Shooting the Willow and Hitting the Ball" dari masa Dinasti Yuan. Opera itu berkisah tentang persaingan antar birokrat yang berwujud pertandingan memukul bola yang di wasit-i oleh Fan Zhongyan [989-1052].

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

REFERENSI :

  1. Professor Ling Hongling , "Verification Of The Fact That Golf Originated From Chuiwan" , Northwest Normal University, Lanzhou, P.R. China
  2. Patrick L. Smith ," Did China Invent Golf ?"It Kinna Be." Scots Say" , International Herald Tribune , 28 Februari 2006
  3. http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/17627
Last modified onTuesday, 20 August 2013 05:40
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/114-chinese-inventions-chuiwan-atau-golf

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto