A+ A A-

Kisah Ratu Fan Ji - Bakti Kecil - Bakti Besar

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

VIA : Facebook Group Budaya Tionghoa

Budaya-Tionghoa.Net | Apa yang dinamakan dengan berbakti tidak hanya terbatas dalam lingkup keluarga,dilihat dengan lebih luas,setia kepada negara juga dapat dikategorikan sebagai wujud bakti.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Chu Zhuang Wang memiliki seorang istri yang bernama Fan Ji.Ratu Fan Ji meskipun seorang wanita,akan tetapi sangat peduli dengan masalah-masalah kenegaraan.Setiap kali Chu Zhuang Wang berbuat tidak seharusnya,sang ratu segera menegur,semisal: pada suatu masa Chu Zhuang Wang tergila-gila berburu,melupakan urusan pemerintahan.Sang ratu demi menasehati Chu Zhuang Wang selama beberapa hari mogok makan.

Chu Zhuang Wang pun akhirnya menjadi tersadar lantas memperbaiki diri.Semenjak itu Chu Zhuang Wang sangat berhati-hati terhadap urusan negara.Kerajaan Chu memiliki seorang perdana menteri yang bernama Yu Qiu Zi,meskipun sangat berkebajikan namun selamabelasan tahun mengabdi sekalipun tidak pernah merekomendasikan kader-kader muda yang berbakat.

Sang ratu akhirnya membuka suara dihadapan Chu Zhuang Wang.Sang ratu berkata:perdana menteri kita bukanlah seorang yang setia kepada negara,selama ini ia hanya merekomendasikan sanak keluarganya sendiri saja,sekalipun tidak pernah merekomendasikan kader yang berbakat,apakah orang yang berperilaku demikian pantas untuk disebut sebagai orang yang berkebajikan?

Yu Qiu Zi mendengar perkataan sang ratu merasa menyesal,akhirnya merekomendasikan seorang yang bernama Shun Yao Ao.Dengan bantuan Shun Yao Ao akhirnya kerajaan Chu bisa menjadi kerajaan yang kuat.Bakti kepada keluarga adalah bakti kecil,setia kepada negara adalah bakti besar.Jika di rumah kita tidak bisa berbakti,bagaimana hendak melakukan bakti besar?Untuk melakukan hal yang besar dimulai dulu dengan hal yang kecil.

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1160-kisah-ratu-fan-ji-bakti-kecil-bakti-besar

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto