Logo
Print this page

Etnohistorikal Tiongkok : A Wa

Budaya-Tionghoa.Net | Masyarakat A Wa dikenal juga sebagai A Wo , A Va dan A Vo. Mereka oleh para ethnologist di Tiongkok sebagai subgrup etnik Wa. Masyarakat Wa adalah salah satu grup minoritas yang yang diakui pemerintah. Banyak Wa hidup di bagian barat-daya provinsi Yunnan , terutama di Ximeng , Changhyuan, Menglian , Gengma, Lancang , Shuangjiang, Yongde.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Masyarakat A Wa  adalah petani dengan teknik pertanian berpindah-pindah dari satu desa ke desa lain; beberapa masih menggunakan sistem panen dan bakar dan sebagian lain sudah mempraktekan gaya pertanian modern. Komoditas pertanian mereka adalah padi basah, padi kering, jagung , millet , umbi dan gandum.

Seperti halnya subgrup Wa yang lain seperti masyarakat Ka Va , Bahasa A Wa berbeda dengan grup etnik utamanya , Wa, sehingga disisi lain masyarakat A Wa  menganggap diri sebagai entitas yang berbeda.


Menelusuri Etnis Lain : http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/dialek-tionghoa-chinese-dialects

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghua

Referensi :

  1. James Olson , "An Ethnohistorical Dictionary in China" , Greenwood Press , 1998.



Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1168-etnohistorikal-tiongkok--a-wa?tmpl=component&print=1
Budaya Tionghoa Copyright © 2003 - 2013 .