A+ A A-

Kutipan Favorit Dari Laozi

  • Written by  Dr. Michael Saso, Ph.D.
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Laozi adalah pendiri dari Taoisme , merupakan jalan "spiritual" Tiongkok. Dia meninggalkan 5000 kata dan 81 bab pernyataan kebijaksanaan penuh frasa yang disebut "Dao De Jing", praktek klasik Tao [Bagaimana berlatih Tao /Jalan] dan telah diterjemahkan lebih dari 200 kali kedalam bahasa Inggris dan dapat ditemukan dengan mudah di seluruh toko buku modern. Berikut ini adalah bagian favorit dari Mr Zhuang , seorang guru Taoist, unuk mengajar latihan spiritual Taoist:

 

Artikel Terkait:

{module [201]}

I. DAO (TAO)
Tao yang diucapkan bukanlah Tao yang kekal . Nama yang disebut bukanlah nama yang kekal. Wu Tao adalah asal muasal langit dan bumi. Yu [hamil] Tao adalah ibu dari alam semesta. Lepaskan Wu untuk mengetahui misteri Tao dalam batin.

V. LOOK INSIDE
Langit dan bumi tidak memiliki favorit. Kebijaksanaan Taoist tidak memiliki figur favorit. Perlakukan semua seperti objek yang sakral. Melihat kedalam untuk menemukan [Tao].

VI. MOTHER SPIRIT
Jaul didalam lembah adalah ibu dari roh , yang tidak mati ,  seorang wanita yang misterius. Rahim wanita ini adalah sumber langit dan bumi. Selamanya berputar tanpa pernah lelah dan dia selalu dekat

VIII. WATER IS BEST
Air adalah yang terbaik dari semuanya. Tanpa bersaing, adalah baik bagi segala sesuatu. Ia pergi ke tempat yang paling rendah yang dihindari yang lain. Karena itu ia paling dekat dengan Tao.

KEEPING THE “ONE”
Bagaimana menjaga tubuh dan pikiran menjadi satu? Jadilah seperti seorang anak kecil : menyadari pernafasan , menjadi lembut dan lentur. Untuk melihat Tao yang terpenting, memiliki pikiran yang murni ; jangan berkata "tidak". Untuk menerima berkat langit, menjadi kosong seperti rahim seorang ibu. Memberikan kelahiran dan memelihara kemudian membiarkannya pergi.

XI. HOLLOW CENTER
Tiga puluh jari-jari dalam sebuah roda tidak berguna , jika pusat tidak hampa. Sebuah mangkok porselen tidak berguna, kecuali kosong. Pintu , jendela dan ruangan dalam membuat sebuah ruang nyaman untuk dihuni. Menjual dan memberikan semua harta untuk membuat keuntungan yang nyata, hal-hal kosong untuk membuat mereka berguna.

XV. UNCARVED BLOCK OF WOOD
Lama sudah Taoist mengambil KEBAIKAN sebagai majikan mereka, menyentuh dengan halus , misteri Tao yang menakjubkan , seperti menggigil saat mengarungi sungai di musim dingin, berhati-hati untuk tidak mengganggu tetangga, sopan dan bijaksana ketika diundang sebagai tamu , sensitif seperti es yang mulai mencair, sederhana seperti kayu alami yang belum terukir, natural seperti padang rumput lembah liar, bersih dari lumpur dan mengendap seperti kolam yang tenang. Kita hanya dapat menyimpan semacam Tao dengan tidak membiarkan terlalu penuh. Tetap baru dan segar seperti rumput yang tumbuh.

XLIX. BE KIND TO EVERYONE
The real Taoist is good, to the kind, and unkind. True to the faithful and unfaithful. Because Tao is good and kind to all…Smiling on everyone.

LXVI. THE GREAT OCEAN
Kenapa samudera menjadi yang terbesar dari segala ciptaan ? Karena berada di tempat terendah dan segala sesuatu mengalir kedalamnya.

LXVII. THREE TREASURES
Saya memiliki tiga hal yang berharga. Belas kasihan , kesederhanaan dan tidak pernah memposisikan diriku diatas yang lain. Langit mengelilingi kebaikan dan belas kasihan , selalu datang untuk membantu.

[Catatan Admin : Terjemahan bebas dari tulisan Michael Saso]

SOURCE :

  1. http://www.michaelsaso.org/ [with permission]
  2. http://web.budaya-tionghoa.net/religi-filosofi/taoism-taoisme-/926-favorite-quotes-from-laozi-english-

 


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onThursday, 02 August 2012 05:47
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/117-kutipan-favorit-dari-laozi

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto