A+ A A-

Li Yaotang , Ba Jin (1904-2005) : Salah Satu Penulis Besar Tiongkok Abad 20

  • Written by  Dr Han Hwie-Song
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Ba Jin salah satu pengarang yang besar dari Tiongkok pada abad ke duapuluh telah meninggal dunia pada tanggal 17 November yang lalu. Sewaktu aku masih mahasiswa , aku seorang penggemar dari beliau dan membaca buku beliau yang berjudul “Jia”, familie, yang di tulisnya pada tahun 1933. Ba Jin menempuh pendidikan sekolah di Chengdu, Nanjing dan Shanghai lalu meneruskan pelajarannnya ke Perancis. Beliau termasuk intelektuil yang modern pada masanya.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Siapa yang pernah membaca “Dream In The Red Mansion”dan “Jia” dapat kenal dengan baik tentang keluarga Tionghoa. Ba Jin juga telah menyalin buku dari Gorki dan Toergenjev , Bajin dilahirkan dengan nama  Li Yaotang 李尧棠. Buku beliau saya baca beberapa kali. Buku ini merupakan setengah autobiografi beliau dan mencerminkan identitas generasi muda Tiongkok pada waktu itu. Opa beliau memegang keras keluarganya di  Chengdu, provinsi Sichuan. Ba Jin dilahirkan dalam keluarga tuan tanah yang kaya, karenanya beliau mendapatkan kesulitan pada waktu Revolusi Besar Kebudayaan Proletar.

Dalam buku Jia dapat dibaca bahwa generasi muda Tiongkok ingin kebebasan, memilih dengan siapa mereka mau menikah dan mensukseskan ide-ide modern dan revolusioner. Dengan demikian Ba Jin memperjuangkan emansipasi bagi wanita, membebaskan tadisi yang kuno dengan familinya.

Buku Jia mendapatkan sukses baik di dalam negeri maupun diluar negeri dan terutama dalam kalangan Hua Kiauw yang dapat membaca bahasa Mandarin. Jia tetap digemari pembaca dan ceritanya telah di filmkan.

Beliau tidak menulis pada periode Mao dan pada masa post-Mao Zedong banyak menulis buku dan terutama cerpen-cerpen, juga tentang Revolusi Besar Kebudayaan Proletar, dimana beliau menekankan tanggung jawab pribadi terhadap masyarakat.


Dr. Han Hwie-Song
Breda, 19 oktober 2005

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 14 November 2012 07:36
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1182-li-yaotang--ba-jin-1904-2005--salah-satu-penulis-besar-tiongkok-abad-20

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto