A+ A A-

Zhang Fumei : Mantan Wanita Pembangkang Dan Insiden Ererba 1947

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Zhang Fumei adalah salah satu orang yang kembali ke Taiwan yang paling dikenal. Zhang menempuh studi di Amerika Serikat di tahun 1960 dan tinggal disana selama 13 tahun. Dia memiliki reputasi sebagai salah satu pakar hukum Tionghua. Zhang masuk dalam daftar cekal pemerintah Guo Min Dang karena menentang kebijakan Taiwan. Zhang akhirnya bisa kembali ke Taiwan di tahun 1990 setelah reformasi demokrasi .

Artikel Terkait :

{module [201]}

 

 

Zhang Fumei menjabat posisi kementrian dan terlibat dengan komisi pemerintah yang memeriksa insiden Ererba. Insiden Ererba dikenal juga sebagai Insiden 228 atau Pembantaian 228 . Di tahun 1947 muncul gerakan menentang pemerintah GMD yang ditumpas dengan kekerasan , berujung pada jatuhnya 10 ribu-30 ribu korban jiwa. Angka 228 menunjukkan tanggal terjadinya pembantaian , bulan 2 tanggal 28 tahun 1947. Hasil dari investigasi itu menulis ulang sejarah resmi . Monumen 228 atau 228 Peace Memorial Park 二二八和平纪念公园 didirikan di distrik Zhongzheng , Taipei ,  untuk menghormati korban insiden.

Zhang Fumei adalah salah satu wanita senior dalam administrasi pemerintahan Chen Suibian . Kontras dengan mainland dimana hanya ada satu wanita , Wu Yi , yang berada di pucuk pimpinan.

[Foto Ilustrasi : Tonynz ,"Monumen 228 Taipei , Taiwan "]

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

REFERENSI :

  1. Diana Lary , "China's Republic" , University of British Columbia , Cambridge University Press , 2006

Last modified onFriday, 16 November 2012 11:51
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1189-zhang-fumei--mantan-wanita-pembangkang-dan-insiden-ererba-1947

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto