A+ A A-

Apa Itu Dao Yin ?

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net|Bagi sebagian orang , ilmu Dao Yin itu dikaitkan dengan mistis. Bahkan ada yang mengartikan Dao Yin itu adalan Jalan Wanita dengan menganggap Dao= jalan , Yin= negatif atau wanita. Tulisan Dao Yin  dalam khasanah pelatihan para Taoist mengandung arti memandu dan memancing Qi.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Tiga pokok pelatihan dasar para Taoist adalah Tu Na (seni pernafasan) , Jing Zhuo (duduk tenang atau meditasi) dan Dao Yin (seni memancing dan memandu Qi). Catatan mengenai Dao Yin sendiri sudah ada dalam kitab Zhuang Zi atau kaum Taoist menyebut kitab itu adalah NanHua ZhenJing (NanHua ZhenRen adalah sebutan Taoist untuk ZhuangZi).

Di situs penggalian MaWang Dui ditemukan gulungan kain sutra yang mencatat sekitar 20 gerakan Dao Yin. Selain itu tabib Hua Tuo menciptakan gerakan DaoYin yang disebut Gerakan 5 binatang. Ilmu gerakan yang termasuk dalam lingkup Dao Yin misalnya TaiJi Quan , BaGua Zhang , XingYi quan , TaiYi WuXing quan dan TianGang quan, BaDuan Jing.

Semua gerakan DaoYin adalah gerakan berangkai bukan gerakan terputus. Hal ini dapat kita lihat dari gerakan-gerakan yang termasuk ilmu DaoYin. Misalnya gerakan BaDuan Jing yang berangkai pula. Jadi dalam melakukan gerakan itu tidak ada jeda. Mulai dari gerakan awal hingga gerakan akhir harus berangkai seperti aliran air yang mengalir dari mata air hingga ke samudra.

Jadi mereka yang berlatih TaiJi quan itu secara tidak langsung melatih DaoYin.


hormat saya ,
Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

 

 
Last modified onFriday, 16 November 2012 11:02
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1194-apa-itu-dao-yin-

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto