A+ A A-

Fan Li 范蠡 - Konglomerat Pertama Dalam Sejarah Tiongkok

  • Written by  Ardian Zhang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Fan Li 范蠡 ( 536-448 BC ) yang juga dikenal sebagai Tao Zhu Gong , adalah tokoh yang dikenal sebagai pedagang besar atau konglomerat pertama, sebelumnya ia adalah pejabat di kerajaan Yue kemudian mengundurkan diri dari jabatannya dan menjadi pedagang.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Fan Li disebut-sebut sebagai peletak dasar sistem perdagangan Ru 儒商yang berbicara masalah 5 moral yaitu ren kemanusiaan, li etika, yi kebenaran atau keadilan, zhi kebijaksanaan, xin bisa dipercaya atau memegang kepercayaan. Buku-buku yang dibuat oleh Fan Li antara lain adalah buku siasat perang dan satunya lagi adalah “12 prinsip pengelolaan dagang”.

Fan Li membahas Tian Dao 天道 adalah sebagai suatu hukum alam yang beraturan. Misalnya matahari terbit maka harus terbenam, bulan penuh, bulan tidak penuh. Ada tiga prinsip yang berkaitan dengan tiandao yang diutarakan oleh Fan Li :

  1. Segala benda memiliki aturan dan rumusan, semua perubahan harus memiliki syarat, saat syarat tidak terpenuhi atau tidak matang 成熟 , jangan sembarangan bertindak. Menguasai aturan dan rumusan, mempersiapkan dengan baik dan matangnya semua syarat-syarat yang diperlukan maka akan berhasil.
  2. Kerajinan dan keseriusan manusia serta syarat pengetahuan alam adalah hal-hal yang saling terkait. Manusia sebagai subjek dan alam sebagai objek adalah keterkaitan yang tidak terpisahkan. Manusia sebagai subject harus rajin dan alam sebagai object harus disertai syarat-syarat ( pengetahuan ) sebagai dasarnya.
  3. Object atau alam juga selalu berubah sesuai dengan kaidah aturannya, saat matang bisa menjadi tidak matang, siap bisa menjadi tidak siap, karena itu diperlukan adalah ketepatan dan kesigapan mengambil momentum yang tepat.


Tiga point yang diutarakan Fan Li tentang tian dao atau jalan langit yang berkaitan dengan tian ming 天命 atau takdir, menjadi suatu prinsip bahwa takdir atau tian ming memiliki keteraturannya. Xun Zi kemudian membuat konsep tian ming seperti tian dao, artinya mandat langit yang diartikan dianggap sebagai hukum alam.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

Last modified onFriday, 16 November 2012 12:04
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1209-fan-li-%E8%8C%83%E8%A0%A1-konglomerat-pertama-dalam-sejarah-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto