A+ A A-

Teknik Beladiri Wu Dang

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

 

[Foto Ilustrasi , Ardian Changianto , http://web.budaya-tionghoa.net/gallery-photoblog/1123-dokumentasi-foto-sekolah-kungfu-wudang]

Budaya-Tionghoa.Net | Banyak yang beranggapan bahwa Zhang San Feng yang mendirikan aliran beladiri Wudang. Pandangan ini berasal dari Huang ZongXi 黃宗羲, seorang scholar Confuciust pada jaman awal dinasti Qing.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Sebenarnya Zhang SanFeng merupakan murid dari sekte Long Men Quan Zhen 龍 門全真 yang mengkhususkan dimeditasi dan pernafasan. Pencipta beladiri Wudang tidak diketahui secara jelas siapa saja dan ini merupakan hal yang lumrah karena banyak para daoshi yang bersifat tidak mau menonjolkan diri. Dan juga di gunung WuDang sendiri begitu banyak Dao Guan dari berbagai macam sekte.

Perkembangan ilmu beladiri Wudang pada saat awal dinasti Qing
berkembang di daerah NingBo dan sekitarnya. Tokoh-tokoh yang mempopulerkan seni beladiri WuDang adalah Ye JinQuan 葉 近泉 , Zhang SSongXi 張松溪, Wang ZhengNan 王征南 ,Dan SiNan 單 思南. Anak dari Huang ZongXi yaitu Huang Baijia 黃 百家 adalah murid dari Wang ZhengNan.

Permasalahan mengapa jurus beladiri WuDang tidak terkenal mungkin
berkaitan dengan filasat Taoism sendiri yang tidak mencari popularitas. Dan hampir tidak terdengar kisah-kisah heroik dari para daoshi seperti misalnya 13 samanera Shaolin menolong Li ShiMin.

Sekitar pertengahan dinasti Ming , seni beladiri Wudang tebagi 2 ,
yang 1 tetap berada di gunung WuDang yang satu lagi berkembang dimasyarakat yang disebarkan oleh Zhang SungXi hingga ke daerah SiChuan.

Pada pemerintahan GuangXv dinasti Qing ,taoist bernama Deng zhongShan 鄧 鍾山 menyebarkan ilmu beladiri WuDang dan membuka sekolah beladiri di kota NanJing dan sejak itu berkembang hingga dibanak tempat. Hingga sekarang ilmu beladiri Wudang masih tetap tersimpan di gunung WuDang sendiri.

Berdasarkan catatan , hampir 60 macam jenis beladiri tangan kosong
aliran Wudang. Ini adalah beberapa jenis nama ilmunya: Tai Yi Wu Xing 太 乙 五 行 , chun yang 純 陽 ,tai he 太和 , liu bu 六 步 , guang ming 光 明 , wen jin 問 津, tan ma 探馬, qi zhou 七肘 , qi xing 七星 , liang yi 兩儀, ba ji 八極 , zui ba xian 醉 八仙,gang quan 剛 券 , yvn shao 雲掃, chang quan 長拳 dan lain-lain. Nama-nama jurus yang menggunakan senjata antara lain adalah : ba xian jian 八仙劍 , long men shi san qiang 龍門十三槍 , xuan wu gun 玄武 棍 ,chun qiu da dao 春秋 大刀 , hu yi bian 虎 尾 鞭, tai ji qiu 太 極 球 dan lain-lain.Nama-nama jenis tenaga dalam antara lain : Huo qi gong 活 氣功  , he xue gong 和血功, da xue gong 打 穴 功, hun yuan yin yang wu xing shou 渾 元 陰陽五行 手, hei sha mi hun shou 黑砂 迷魂手 , hong sha gou hun shou 紅 沙 勾 魂 手,wu lei shan dian shou 五 雷 閃電 手 dan lain-lain.

 

hormat saya ,
Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | ICCSG | Facebook Group Budaya Tionghoa


Last modified onFriday, 16 November 2012 12:10
Rate this item
(3 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1225-teknik-beladiri-wu-dang

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto