A+ A A-

Kisah Zhao Zhi - Jerih Payah Orang Tua

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

VIA : Facebook Group Budaya Tionghoa

Budaya-Tionghoa.Net | Zhao Zhi adalah seorang yang hidup pada jaman dinasti Jin.Semasa kecil Zhao Zhi hidup dalam garis kemiskinan,untuk menghidupi keluarga sang ayah bekerja sebagai penggembala sapi.Suatu pagi ketika Zhao Zhi sedang bersekolah,ia mendengar suara sang ayah sedang mengembalakan sapi.Seketika itu Zhao Zhi merasa sedih,meletakkan buku pelajarannya lantas menangis.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Mengetahui muridnya ada yang menangis,bapak guru segera menghampiri Zhao Zhi lantas bertanya:ada apa gerangan sehingga menyebabkan kamu menangis?

Zhao Zhi menjawab: pengembala sapi yang baru saja melintas adalah ayah saya.Ayah sudah cukup berumur masih harus bersusah payah bekerja,sedangkan saya sendiri hanya duduk dengan nyaman bersekolah.Memikirkan hal ini saya lantas merasa sedih.Saya berharap bisa segera tumbuh menjadi dewasa agar ayah bisa menikmati kebahagiaan hidup.

Mendengar perkataan Zhao Zhi,dalam hati bapak guru berkata:anak ini walau masih kecil sudah bisa memikirkan berbakti kepada orang tua,kelak ketika dewasa pasti akan sukses.Semenjak itu bapak guru lebih memperhatikan Zhao Zhi,bahkan ia tidak perlu lagi membayar uang sekolah.Akhirnya setelah dewasa Zhao Zhi berhasil menjadi seorang pejabat yang memiliki reputasi baik.


Zhao Zhi sangat menghayati jika sang ayah harus bersusah payah untuk membesarkan dan mendidiknya karena itu ia giat belajar.Kita sendiri ketika sedang bersantai apa bisa memikirkan jerih payah orang tua?


Bukankah setiap orang bercita-cita untuk meringankan beban orang tua?Sebagai pelajar kita harus giat belajar,ada waktu luang mari kita biasakan untuk membantu meringankan pekerjaan orang tua.Walau kita tidak bisa memiliki prestasi akademik yang menonjol cobalah berusaha semaksimal mungkin agar tidak tinggal kelas/mengulang mata kuliah yang pernah ditempuh.Di satu sisi mengulang kembali apa yang pernah kita pelajari menyia-nyiakan waktu,di sisi lain orang tua harus mengeluarkan biaya tambahan.Saya sendiri pun juga pernah mengalami harus menempuh ulang mata kuliah,berharap teman-teman bisa lebih baik daripada saya.

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1234-kisah-zhao-zhi-jerih-payah-orang-tua

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto