A+ A A-

Prasejarah Tiongkok

  • Written by  Liu Weilin
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Dengan diketemukannya fosil manusia purba La Ma 臘玛古猿人 yang berusia 8 juta tahun di daerah Yunnan, kemudian ditemukannya fosil tulang gigi manusia purba Nanfang yang berusia 3 juta tahun di daerah Hubei, sampai fosil manusia purba Yuanmou yang berusia 1,7 juta tahun, telah membuktikan bahwa tanah Tiongkok telah menjadi tempat evolusi manusia pada awalnya.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Setelah masa 1,7 tahun kemudian , dari jaman paleotikum sampai neolitikum, proses beradabnya manusia Tiongkok purba telah menampakkan terjadinya jejak peradaban kebudayaan batu yang sangat beragam dan kaya jenisnya yang merupakan masa sebelum Dinasti Xia.

Manusia purba Lantian yang ditemukan di Shaanxi yang berumur 800.000 tahun merupakan jenis manusia purba homo erectus , kemudian manusia purba Peking 北京猿人yang berumur 500.000 tahun ditemukan di Zhoukoudian, Beijing merupakan manusia purba yang pintar membuat peralatan sederhana untuk mengolah hasil.

Mereka mengunakan peralatan dari batu untuk berburu binatang, dan bersamaan juga memetik buah-buahan. Manusia purba Dali 大荔人 dan Xujiayao 许家窑人 dari tahun 100.000 tahun lalu, telah berevolusi menjadi homo sapiens (manusia cerdas). Alat -alat batu yang ditemukan di daerah Shanxi, Hebei, Neimeng, Ningxia, dari jaman paleotikum, alat berbentuk segitiga dari desa Ding 丁村, Shanxi, merupakan model jaman tersebut.

Masa neolitukum dimulai dari 6000 tahun SM, masa ini pertanian dan perternakan sangat dominan dibandingkan dengan masa berburu dan mengumpulkan hasil, dan tembikar berwarna -warni cermerlang dan tembikar ( gerabah) hitam menjadikan simbol kemajuan peradaban jaman itu. Kebudayaan Yangshao 仰韶文化 dan kebudayaan Longshan龙山文化, merupakan dua kebudayaan menembus sungai Huanghe dan sungai Changjiang..

Kebudayaan Yangshao mencakup ke timur sampai Henan, ke Tiongkok Barat mencapai Gansu, Qinghai, ke selatan tiba di Hubei, utara sampai daerah Hetao (daerah belokan sungai Huanghe, didaerah Ningxia dan Nei Menggu).

Dari daerah-daerah inilah digali berbagai alat buatan tangan yang sangat indah yang terbuat dari tanah liat berupa tembikar merah dan tembikar merah yang dari tanah bercampur pasir, yang mana diatasnya bergambarkan bermacam-macam hewan, tanaman, dan beberapa simbol. sedangkan kebudayaan Longshan di Shandong dan Jiangsu, ciri khas alat terbuat dari tanah liat adalah tembikar hitam, yang mana merupakan manifestasi dari sebuah kebudayaan yang tinggi.

Landasan kebudayaan Tionghoa masa awal, dalam masa neolitikum masyarakat matrelineal telah terbentuk lambat laun. Adanya aturan dan model rumah / tempat tinggal, upacara permakaman, kepercayaan akan roh, leluhur, pemujaan alat reproduksi, yang merupakan agama purba telah tumbuh, penciptaaan berbagai alat-alat, secara perlahan telah menciptakan peradaban dan kebudayaan Tionghoa!

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

 


Last modified onTuesday, 20 November 2012 06:00
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1245-prasejarah-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto