A+ A A-

Hidup Dan Mati - Dilihat Dari Sudut Pandang Tao

  • Written by  Dr Han Hwie-Song
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Disini saya memberi keterangan tentang syair saya mengenai hidup dan mati dilihat dari sudut taois dan dari optiek jaman sekarang, karena banyak orang yang tidak mengerti tentang taoisme. Kalau ada yang tidak cocok dengan pikiran anda kita bisa berdiskusi untuk lebih mengerti arti tao, karena pengetahuanku juga terbatas. Dibawah ini ada beberapa pengertian yang kadang kadang sulit dimengerti, maka saya mencoba menjelaskannya.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Dao, Tao tidak mempunyai nama
Tao tidak bekerja, tetapi tiada yang tidak diselesaikan
Tao datang spontan (dengan sendirinya) dan pergi juga spontan
Tao tidak mempunyai pengetahuan
Tao tidak membedahkan satu dengan yang lain

 

PENJELASAN
Tao tidak mempunyai nama, karenanya Tao bukan creator. Semua timbul dengan spontan. Maka kalau ditanya siapa namanya dia tidak akan menjawab, hanya ketawa saja, pandangan ini juga dapat dibaca dalam buku-buku Zen-Boeddhisme. Apalagi kalau ditanya mengenai ilmu pengetahuan atau keternamaan. Bacalah cerpen perjalanan Ming Lao-tse, beliau kalau ditanya, banyak yang tidak dijawab hanya tertawa saja. Orang kuno tahu kalau orang berpakean simple dan kalau ditanya namanya atau hal-hal yang mengenai ketenaran atau ilmu dia hanya bersenyum saja. Banyak penyair-penyair tenar jaman Tiongkok dahulu adalah seorang Taoist seperti Li Bo (Li Tai-Po). Lain halnya dengan Tu Fu yang lebih confucianist. Li Bo lebih romantisme dan Tu Fu menulis lebih banyak tentang penghidupan rakyat kecil. Li Bo dalam perjalanan sendirian tidak dikikuti keluarganya, bahkan diikuti oleh beberapa wanita. Tu Fu berjalan dengan keluarganya, hidupnya susah. Kedua penyair tenar ini adalah teman baik.

Taois bukannya tidak bekerja tetapi bekerja yang seefficientnya. Raja tidak mengatur Negara, tetapi raja mengontrol menteri-menterinya. Menteri mengatur Negara, tetapi pekerjaan yang praktis dikerjakan oleh bawahannya. Mengoreng ikan jangan terlalu banyak dibolak balik, ikannya akan hancur.Jaman sekarang mengatur Negara tidak perlu terlalu banyak kerjanya kalau ada hukum-hukum yang adil.

Tao tidak mempunyai ilmu pengetahuan, ini diartikan sebagai berikut: having-no knowledge dan having no-knowledge. Yang pertama orang yang benar-benar tidak belajar, tetapi yang kedua orang mempunyai ilmu pengetahuan, tetapi melupahkannya. Ilmu pengetahuan dapat membedahkan barang/hal satu dengan yang lainnya. Karena itu seorang taois harus melupahkan ilmunya dan tidak membedahkan antar manusia atau manusia dengan hewan atau dengan sungai dan gunung. Dengan demikian dia tidak lagi dipengaruhui oleh dunia luar, dia adalah sebagian dari alam/dunia ini. Kalau meninggal karena dunia ini tetap ada maka dia juga tetap ada, kekal abadi. Zhuang Zi mengatakan melepaskan diri dari ikatan manusia (human bondage). Perkataan ini juga dipakai oleh ahli filsuf terkenal Belanda Spinosa dan juga Shakespeare, hanya dengan penjelasan yang agak lain.

Dijaman modern ini penghidupan manusia lebih cepat lebih tergesa-gesa, lebih stress, tetapi lebih spontan, bebas dan berani mengatakan isi hatinya. Pokoknya lebih complex dan rumit.

Dr. Han Hwie-Song
Breda, 15-6-2004


***
Hidup Dan Mati – dilihat dari sudut taoisme

Anda tanya padaku tentang sakit, hidup dan mati
Aku bersenyum dan
Aku tidak berkata sekatapun
Aku merasakan aman dalam jiwaku
Karena aku:
Telah membaca banyak tentang hidup dan mati
Aku telah melepaskan diriku dari “human boundage”
Aku akan tetap berada didunia ini, karena
Aku adalah sebagian dari dunia ini
Seperti gunung dan bunga-bunga,
Lautan dan ombak, sunga dan air yang mengalir.
Semua ini akan tetap kekal-abadi

Dr. Han Hwie-Song
Breda, 9-6-2004


***
Hidup Dan Mati-Dilihat Dari Sudut Sekarang [2004]

Hidup adalah suatu rantai proses kesenangan dan kesedihan
Hidup bukannya hanya untuk bisa survive tanpa bencana
Setiap hari, jam dan detik adalah waktu-waktu yang istimewa
Gunakanlah waktu-waktu ini sebaik-baiknya
Ketawalah untuk menambah semangat dan kegembiraan
Tulislah artikel-artikelmu yang belum kau selesaikan
Gunakan waktumu lebih banyak untuk keluarga dan teman-teman
Makanlah makanan yang paling kau gemari
Kunjungilah tempat-tempat yang kau belum kunjungi
Katkanlah kepada keluargamu dan temanmu:
Berapa kau menyintainya
Selesaikan perjalanan hidupmu sebaik-baiknya

Dr. Han Hwie-Song
Breda 12-6-2004

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua 4225

 


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan link aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onThursday, 02 August 2012 05:47
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1257-hidup-dan-mati-dilihat-dari-sudut-pandang-tao

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto