A+ A A-

Kitab Taiping jing 太平经

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Taiping jing 太平经 adalah suatu kitab penting bagi Taoism yang isinya antara lain adalah masalah Taiping atau kedamaian yang agung. Kita perlu ketahui bahwa Taoism awal adalah suatu bentuk protes terhadap kondisi sosial masyarakat Tiongkok pada masa itu, seperti yang dikumandangkan oleh Zhang Jiao 张角 dengan Taiping Dao 太平道 dan Zhang Daoling 张道陵

Dalam masyarakat yang ditopang oleh pertanian seperti di Tiongkok, yang sering mendapat tekanan baik politik, ekonomi maupun sosial adalah kelas petani.

Kondisi seperti itu mengakibatkan banyaknya pergerakan perlawanan kondisi sosial baik secara damai maupun dengan kekerasan, dimana di Tiongkok yang sering disebut pemberontakan atau perlawan para petani disebut qiyi 起义 atau bangkit menuntut keadilan.


Taiping atau kedamaian yang agung adalah suatu pengharapan dari segala masyarakat, dimana Taoism mengutamakan Taiping sebagai pengharapan yang terutama. Taiping Jing sendiri memiliki tujuan yaitu :

  1. Orang-orang sederajat
  2. Tiadanya perpecahan di kalangan masyarakat karena perbedaan tapi persatuan dalam menghargai satu dengan yang lain.
  3. Antar Negara saling hormat menghormati, tiada suatu keinginan mendominasi atau memaksakan kehendak atas Negara lain, saling menghargai, akur, tidak ikut campur urusan dalam negri orang lain.

Taoism mengakui bahwa manusia tidaklah mungkin sederajat dalam segala hal,karena dalam masyarakat pasti ada perbedaan, seperti kuat vs lemah, atasan vs bawahan, pada hakekatnya adalah yin dan yang selalu ada.

Perbedaan itu adalah hal yang wajar tapi bagaikan busur yang ditarik, jika perbedaan atau gap kesenjangan sosial itu bagaikan busur yang ditarik, semakin ditarik panjang maka busur itu akan patah. Yang bisa dikerjakan adalah mengusahakan suatu keseimbangan atau suatu kesenjangan sosial yang tidak terlalu jauh.

Karena itu yang ditekankan adalah sederajat dimata hukum yang terutama, karena hukum dapat kita control menjadi suatu cara untuk mencapai kondisi sederajat dan kesenjangan tidak membuat suatu jarak yang semakin jauh. Pada intinya adalah hukum adalah suatu cara untuk mencapai kondisi masyarakat yang adil dan makmur.

Xuan Tong , 54169

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onSunday, 01 September 2013 08:26
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/129-kitab-taiping-jing

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto