A+ A A-

Empat Nasehat Liao Fan [36] - Manfaat Dari Kebajikan "Rendah Hati"

  • Written by  Hengki Suryadi
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Bab ketiga mengajar kita cara untuk mengumpulkan kebajikan. Secara alami,
adalah sangat baik bila manusia mau melakukan kebajikan, tetapi sebagai manusia, kita adalah makhluk sosial, tidak mungkin tidak bertemu dengan orang lain, karena itu, adalah sangat penting bagi kita mengetahui cara untuk membawa diri bila berinteraksi dengan orang lain.

Artikel Terkait :

{module [201]}


Cara yang terbaik adalah melakukan kebajikan "rendah hati". Dalam masyarakat, orang yang rendah hati akan mendapat dukungan dan kepercayaan publik. Bila mereka memahami kebajikan "merendah", mereka juga akan paham pentingnya kemajuan diri secara konstan.

Kemajuan diri yang konstan ini bukan saja termasuk memperoleh pengetahuan yang lebih tinggi, tetapi juga menemukan keperluan untuk hidup lebih manusiawi, melaksanakan tugas sehari-hari dengan baik untuk memajukan komunikasi dengan teman-teman. Banyak keuntungan dan anugrah yang didapat
bila kita selalu bersikap "rendah hati". Pelajaran ini memfokuskan pada keuntungan bila mempraktekkan kebajikan "rendah hati", pengalaman Tuan Liao Fan sebagai buktinya. Orang akan mendapat manfaat yang sangat besar bila mereka dapat merenungkan dan paham akan ajaran ini.

Dalam I Ching/ Buku perubahan, hexagram rendah hati tertulis ..... Langit selalu merugikan/mencelakakan orang yang sombong dan memberkahi orang yang rendah hati. Demikian juga bumi tidak akan membiarkan orang yang bangga diri dan sombong tetap berada pada posisinya, tetapi akan mencelakakannya.

Orang yang rendah hati tidak pernah kekurangan dan selalu diberkahi, seperti aliran air yang selalu mengalir dan mengisi tempat yang rendah. Demikian juga para Dewa Dewi, Makhluk Halus akan selalu menimpakan bencana kepada yang sombong dan memberi rezeki kepada yang rendah hati. Demikian juga
manusia, orang yang sombong selalu dibenci dan menghormati/menyayangi orang yang rendah hati.

Karena itu, Langit, Bumi, Dewa-Dewi, Makhluk Halus semua menyenangi orang yang rendah hati daripada orang yang sombong. Dalam buku I Ching/buku Perubahan, 64 hexagram menjelaskan perubahan konstan dan interaksi dengan Langit dan Bumi, Yin dan Yang, buku ini mengajarkan manusia cara untuk
menjadi lebih rendah hati, setiap hexagram terdiri dari hal-hal yang baik dan buruk.

Hal yang buruk memperingati orang untuk tidak berbuat kejahatan dan mempraktekkan kebajikan. Hal yang baik memotivasi orang agar lebih rajin melatih diri agar mendapat yang lebih baik. Hanya hexagram rendah hati berisi semua hal-hal yang baik saja, tidak ada hal yang buruk.

Buku sejarah Tiongkok juga tertulis...
Kesombongan akan mengundang malapetaka, rendah hati akan mengundang keberuntungan".

Hengki Suryadi

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa 4464


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1294-empat-nasehat-liao-fan-36-manfaat-dari-kebajikan-rendah-hati

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto