A+ A A-

Ikan Mas Koki Telescope & Black Moor

  • Written by  Huang Zhi Wang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Ikan Mas Koki Teleskop [Globe Eye , Telescope] adalah ikan yang unik. Ikan ini memiliki mata yang besar seperti teleskop. Ikan jenis ini yang telah mencapai usia dewasa, matanya dapat memanjang menjauh sekitar 2cm dari kepala. Ikan ini dipercaya berasal dari Tiongkok di awal abad 18 [Sumber lain , bristol-aquarists.org.uk : tahun 1592] dimana di tempat asalnya disebut sebagai mata naga [Dragon Eye] atau ikan naga [Dragon Fish].

Artikel Terkait :

{module [201]}

Terkecuali untuk mata dan ukuran yang lebih kecil , teleskop hampir menyerupai bagian yang melebar seperti kipas terbuka. Ikan ini dapat mencapai panjang 10 cm dan bukan tipe ikan yang "tahan banting".

Permasalahan terbesar adalah kesulitan melihat sehingga bukan kompetitor yang baik untuk mencari makanan. Masalah ini tidak terjadi pada ikan yang berusia muda dimana matanya belum menonjol keluar sampai berusia sekitar enam bulan. Jadi ikan jenis ini musti dihindarkan dari unsur persaingan dalam memperebutkan makanan.

Kombinasi dari goldfish veiltail dan goldfish telescope menghasilkan karakter yang lemah dan memerlukan pengalaman tinggi bagi yang hendak memeliharanya. Goldfish Telescope yang bersirip pendek juga tidak di rekomendasikan untuk penggemar ikan hias pemula.

Varian lainnya adalah Black Moor , yang pada dasarnya adalah versi warna hitam dari Ikan Mas Koki Telescope. Perbedaan utamanya adalah "teleskop" pada Black Moor tidak terlalu menonjol seperti Koki Telescope. Black Moor memiliki toleransi pada rentang temperatur sehingga cocok untuk dipelihara pemula dan bisa dipelihara dengan baik pada kolam ikan outdoor.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

Referensi :

Marshall E Ostrow , "Goldfish: Everything About Aquariums, Varieties, Care, Nutrition, Diseases, and Breeding"

Photo Credit :
[Foto Ilustrasi , Wikimedia , [1] Telescope ,courtesy Fanghong [2] Blackmoor, courtesy KDBlackmore ]

 

Last modified onTuesday, 04 December 2012 05:34
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1334-ikan-mas-koki-telescope--black-moor

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto