A+ A A-

Pengenalan Tentang Qi

  • Written by  Ardian
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Ki-hanja

Ilustrasi : Kbarends at nl.wikipedia

Budaya-Tionghoa.Net | Secara garis besar qi dibagi dua jenis yaitu QI dan CHI . Ini sengaja saya tuliskan dalam tulisan yang berbeda. Chi sendiri juga ada dua jenis: yaitu CHI hasil respirasi dan penyerapan CHI sekitarnya dan CHI hasil penyerapan makanan

 

QI dapat diumpamakan sebagai hasil proses dari rahim.Manusia sebelum terlahir kedunia dianggap berada dalam rahim alam semesta. Qi ini yang terserap oleh manusia ketika dalam rahim (diistilahkan) alam semesta. Qi ini sering disebut Qi Xian Tian.Qi ini dalam tubuh manusia berposisi di mai , misalnya dai mai.

Yuan Qi adalah qi asali dan bisa habis jika kita tidak bisa menjagadan merawatnya.Chi bisa tiada henti2nya mengalir tapi secara tidak sadar menguras yuan qi.

Qi bisa habis dan bisa mempengaruhi kemajuan batin serta tumimbal lahir. Diistilahkan melatih dan menghimpun chi untuk merawat Yuan Qi. Seseorang jika belum Tong Guan kemudian menyalurkan chi tanpa disertai mengolah napas itu sama saja menguras Yuan Qi.

Jing Gong atau Jing Zhuo adalah dasar utk merawat dan memperbaiki Yuan Qi serta mengistirahatkan pikiran dan semangat. Chi Gong adalah dasar utk menembusi 12 meridian dan 8 mai , yangsering disebut mengubah jing menjadi qi.

Jing Zhuo bisa dikatakan ada 3 jenis utama yang termasuk dalam kategori merawat semangat (Yang Shen). Jing , tidak bergerak atau bisa dikatakan pikiran serta semangat (atau juga emosi) tidak bergerak. Nei guan , mengamati gejolak2 batin atau pikiran sehingga kita bisa mengetahui apa dan siapa kita. Wang wo , lenyapnya sang aku.

Pada saat melatih jing gong terkadang tubuh bisa bergerak sendiri itu adalah hal yang wajar dan harus disadari secara penuh.

Dan tidak selalu pada saat jing gong tubuh itu bergerak. Harus berhenti bergerak suatu saat. Pergerakan tubuh itu lebih disebabkan krn saluran2 meridian dan  anggota tubuh terhambat.

Kalaupun tubuh tidak bergerak , kadang terasa perut atau bawah pusar terasa ada yang bergerak atau energi yang bergerak. Sebenarnya tubuh yang bergerak dalam proses latihan itu kurang baik. Tapi jika gerakan timbul secara alami dan menyembuhkan penyakit itu adalah baik.Dan kadang suka mengalami getaran2 tubuh atau bergoyang.

Prinsip chi kong atau Yang Qi (merawat qi) adalah Tu Na dan Dao Yin.

Tu Na dapat diartikan menarik nafas segar/udara segar dari hidung serta membuang nafas kotor dari hidung/mulut.Teknik ini meliputi :Bi Xi ,menarik nafas segar dan memdiamkan diparu2 atau perut beberapa saat. Tiao Xi ,bernafas (masuk keluar) dari cepat hingga lambat/perlahan , keras lembut , pendek dalam.

Dao Yin
,jika energi hangant telah sampai pada tan tian bawah (Qi Hai) dengan pikiran mengarahkan chi keseluruh tubuh.Bisa juga dengan gerakan2 tertentu.Misalnya Ba Duan Jing , Xuan Men Tai Ji , Tai Ji Quan dll. Arti dari Dao Yin itu sendiri adalah memancing dan memandu chi keseluruh tubuh.

Dalam Jing Gong/Jing Zhuo ada satu teknik yang disebut Ting Xi atau mendengar pernafasan. Nafas yang dikeluarkan itu secara lembut tapi seolah2 terdengar melalui telinga kita. Tujuannya adalah agar semangat (shen) dan chi menjadi satu , nafas dan pikiran saling terkait.

KONDISI UNTUK MELATIH CHI

Yi adalah niatan atau pikiran adalah pemimpin/komandan dari chi. Ini bukan berarti chi tidak bisa bergerak atau berjalan tanpa diperintah.Maksudnya adalah pikiran bisa menggerakan chi.

Tapi untuk  kearah itu tidak boleh bagi para pemula. Nantinya bisa menyebabkan chi syndrome seolah-olah bisa memerintahkan chi kesana atau kesini.

Jing ---> artinya adalah ketenangan dan mencakup 2 hal yaitu :Pertama , ruangan yang tenang dan udara yang bersih. Kedua, pikiran yang tidak kacau , fokus dan hati yang tenang.

Tujuan point Jing/tenang dan yang harus diutamakan daripada Yi/niatan adalah agar organ2 tubuh yang bekerja keras terus menerus bisa menurunkan aktifitasnya.Misalnya jantung yang memompa darah akan lebih lambat lagi detaknya.

Untuk itu para praktisi chigong harus mengutamakan masalah tenang ini. Caranya adalah jing gong atau jingzhuo (meditasi) dengan teknik ting xi.

Song ,artinya rileks dan santai, tubuh yang rileks dan pikiran yang rileks

Posisi lotus atau sila bagi mereka yang Jing Zhuo sbb: Posisi sila yang ditekankan adalah titik Kun Lun kaki kanan pria harus menekan titik San Yin Jiao dan sebaliknya bagi wanita.

PS: teknik ini adalah teknik Taoism.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

 

 

Last modified onTuesday, 20 August 2013 05:35
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/134-pengenalan-tentang-qi

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto