A+ A A-

Kutukan Yehonala Terhadap Klan Aisin Gioro

  • Written by  Xuan Tong & Rinto Jiang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Ada aturan tidak tertulis yang diwariskan oleh para leluhur para penguasa kekaisaran Manchu bahwa para kaisar tidak boleh mengangkat permaisuri dari marga Yehonala , karena mereka mendapatkan ramalan bahwa kekuasaan marga Aison Gioro akan hancur ditangan wanita bermarga Yehonala. Ini semua berdasarkan cerita kutukan dari keluarga Yehonala terhadap keluarga Aisin Gioro.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Nurhachi dalam mengukuhkan kekuasaan dan membentuk BA QI , mengadakan perkawinan antara sesama suku Man. Jadi bukan masalah marga YEHONALA saja atau selir-selir.Semua klan dari suku Man dijadikan selir oleh para kaisar dinasti Qing , tapi ada aturan tidak tertulis bahwa wanita marga Yehonala tidak boleh menjadi permaisuri berkaitan dengan kutukan dari leluhur marga Yehonala terhadap keturunan Aisin Gioro.

Sekilas yang saya ingat adalah : Ketika NvZhen menyatukan clan-clan Man , marga Yehonala merasa dijebak danbersumpah bahwa nanti wanita yang berasal dari marga Yehonala yang akan menghancurkan marga Aisin Gioro.Masalah ini nanti akan saya bahas lebih detail karena saya sekarang agak sibuk untuk menggali-gali data.Acuan saya untuk masalah ini adalah Zhong Guo Min Jian Gu Shi Da Dian dan Qing Chao Lie Zhuan.


EMPRESS DOWAGER CIXI

Berkas:The Ci-Xi Imperial Dowager Empress (4).PNGSalah satu anggota Yehonala yang terkenal adalah Ci Xi [1835-1908] , merupakan selir Kaisar Xian Feng  [ 1831–1861, berkuasa 1850 – 1861]. Setelah Kaisar Xian Feng wafat, ia kemudian memegang kekuasaan di balik layar karena Kaisar Tong Zhi  [1856– 1875 , berkuasa 1861 - 1875]  pada waktu naik tahta masih terlalu kecil.

Baru naik tahta 14 tahun, Kaisar Tong Zhi meninggal sehingga tahta kekaisaran dialihkan ke Kaisar Guang Xu [1871–1908 , "berkuasa"1875 – 1908] yang pada waktu itu masih berumur 4 tahun. Alhasil Ratu Ci Xi berkuasa lagi di balik layar karena Kaisar masih terlalu kecil. Secara de facto , Ci Xi berkuasa selama hampir 47 tahun.

Ia adalah wanita paling berkuasa dalam sejarah perpolitikan Tiongkok. Pada masa pemerintahannya banyak peristiwa sejarah penting yang terjadi seperti di antaranya Perang Jia Wu tahun 1894 di mana Dinasti Qing kalah perang dari Jepang.

Jepang lalu memaksa Tiongkok menandatangani Perjanjian Ma Guan [Perjanjian Shimonoseki] yang menyebabkan Taiwan dan Pescadores harus diserahkan ke Jepang. Selain itu Tiongkok juga harus membayar pampasan perang sebesar 230 juta tael perak (kurang tahu sekarang berapa jumlahnya).

Inilah salah satu faktor kemajuan pesat Jepang dan sebab mengapa Jepang memandang rendah orang Tiongkok.

Salah satu event terpenting dalam masa Ci Xi adalah peristiwa Boxer [Yi He Tuan] . Penyebab Boxer bisa meletus menjadi sebuah kerusuhan (pemberontakan kalau dari segi pandang Barat). Sasaran Boxer adalah terutama orang2 asing termasuklah misionaris, pedagang dan orang2 Tionghoa yang dianggap menjadi kaki tangan kekuatan asing di Tiongkok.

Dalam waktu bersamaan, Cixi yang bodoh dan tak cakap memerintah juga memaklumatkan perang terhadap seluruh kekuatan asing di Tiongkok. Militer Qing bersama Boxer mengusir seluruh orang asing dari Tiongkok. Ini menyebabkan kekuatan asing bersatu dan sepakat membentuk satu kekuatan dari 8 negara dan menyerang Beijing dalam 2 tahap. Tahap 1 terdiri dari 8000 pasukan Jepang , 3000 pasukan Inggris , 4800 pasukan Russia , 2100 pasukan Amerika Serikat , 800 pasukan Perancis , 60 pasukan Austria , 60 pasukan Italia . Tahap dua , pasukan sekutu mendapat tambahan 28000 pasukan Jerman [yang baru sampai] , 15000 pasukan Perancis , 7500 pasukan Amerika Serikat , 2000 pasukan Italia , 140 pasukan Austria, 26000 pasukan Russia , 26000 pasukan Inggris dan 600 pasukan Belgia yang datang terakhir.

Kekuatan seperti ini sangat cukup untuk melibas pemberontakan Boxer dan tentara Qing. Mereka merangsek sampai Beijing dan menguasai istana (Kota Terlarang) pada tanggal 15 Juli 1900. Cixi, Kaisar Guangxu dan pejabat istana mengungsi ke Xian. Semua ini menjadi begini karena tindakan gegabah Cixi, seorang yang cuma mahir akan intrik2 politik namun tidak mengerti pemerintahan.

Untuk lebih jelasnya mengenai profil Ci Xi bisa dilihat di http://web.budaya-tionghoa.net/the-history-of-china/the-history-of-qing-dynasty/1046-empress-dowager-cixi-figur-dibalik-keruntuhan-dinasti-qing-

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa



Last modified onSaturday, 08 December 2012 11:01
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1351-kutukan-yehonala-terhadap-klan-aisin-gioro

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto