A+ A A-

Fungsi Balok Dalam Arsitektur Tiongkok

  • Written by  Zhou Fuyuan & Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Ketika seorang rekan pertama kali mengunjungi kelenteng , dia terheran oleh bagian pintu masuknya yang diletakkan semacam balok sehingga orang yang mau masuk harus mengangkat kakinya dan melangkahi balok tersebut.

Artikel Terkait :

{module [201]}

 

Fungsi balok dalam kusen Tiongkok sekedar kebutuhan konstruksi, agar letak kusen di kanan kiri tetap pada tempatnya, lebar lubang pintu tidak berubah mengecil, fungsinya analog dengan fungsi sloof yang mengakukan dudukan kolom. Maklum, mereka tidak menggunakan angker untuk mematikan kusen ke tembok. Palang di bawah ini ada di setiap rumah tradisional Tiongkok. Tidak ada hubungannya dengan kepercayaan.

Menurut buku Wo De Qian Ban Sheng, Sewaktu Pu Yi kaisar terakhir dinasti Qing, The Last Emperor ,  sedang gandrung belajar bersepeda, seluruh palang di istana disuruh potong semau, agar dia leluasa bersepeda di istana.

 

Pemasangan balok di tanah tidak berhubungan dengan hal-hal magic atau apapun. Mungkin karena yang menjawab rata-rata adalah orang yang merasa paham "fengshui" atau juga paham "spiritualism" jadi semua jawabannya berkaitan dengan hal-hal seperti misalnya supaya setan tidak bisa masuk dan lain-lain.

Sebenarnya masalah ini berkaitan dengan struktur pintu itu sendiri. Rata-rata yang memakai balok di tanah itu adalah yang menggunakan pintu kayu dan tidak menggunakan engsel yang melekat di kusen pintu. Tapi engselnya merupakan engsel tunggal yang menonjol di atas dan bawah daun pintu. Jadi jika tidak menggunakan balok dibawah maka pintu itu seolah-olah akan menggantung.

Jika jawaban yang berbau tahayul yang berkembang di Indonesia itu dianggap benar , maka saya akan bertanya mengapa Cheng Men (gerbangkota) tidak menggunakan balok kayu dibawahnya.

Dan semua pintu-pintu di rumah berdasarkan fengshui yang terbagi dalam kategori :

  1. Da Men 大門
  2. Zhong men 中門 / yi men 儀門
  3. Zong men 總門
  4. Bian men 便 門
  5. Fang men 房門

Pasti ada ganjalan dibawah selama pintu itu menggunakan kayu dan sistem engsel tunggal. Mohon jangan disalah mengerti dan dikaitkan dengan tahayul. Mungkin untuk lebih jelasnya silahkan cari yang berkaitan dengan arsitektur kuno.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa 7425

Photo Credit : http://ak6.picdn.net/shutterstock/videos/21458/preview/stock-footage-bronze-pagoda-incense-burner-through-door-white-cloud-temple-world-s-oldest-taoist-temple.jpg


Last modified onSaturday, 08 December 2012 07:04
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1352-fungsi-balok-dalam-arsitektur-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto