A+ A A-

Tentang Masa Kehidupan Hua Mulan

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Mu Lan Ci 木蘭辭 sudah ada sejak jaman Bei Chao atau dinasti utara yang telah ada sebelum Dinasti Sui berdiri atau yang sering disebut Nan Bei Chao , Dinasti Utara Selatan(420-589 AD). Kerajaan-kerajaan yang ada pada Dinasti Utara Selatan adalah : Song , Ji , Liang , Chen termasuk nan chao dan Bei Wei , Dong Wei , Xi Wei , Bei Ji dan Bei Zhou adalah yang termasuk Bei Chao.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Kaisar Dinasti Sui (581-681 AD) ada 3 yaitu Sui Wen Di , Sui Yang Di dan yang terakhir yang hanya 1 tahun berkuasa adalah Sui GongDi. Berdasarkan ini , rasanya tidak mungkin Hua Mulan hidup pada dinasti Sui karena syair yang menceritakan dirinya telah ada pada masa sebelumnya.

Kenyataan yang ada adalah MuLan ci merupakan syair yang dinyanyikan
oleh rakyat kebanyakan dan kemungkinan pada masa Bei Chao syair itu dibuat. Kemungkinan Hua Mulan hidup adalah dari dinasti Jin Timur hingga pada masa 16 guo.

Disini saya tuliskan sedikit dari MuLan Ci :

Zuo ye jian jun tie 昨夜見軍帖
ke han da dian bing 可汗大點兵


Artinya ,  kemarin malam membaca undangan militer , Kha Khan mengumpulkan pasukan.
Dari syair ini ada kemungkinan pada masa 5 hu 16 guo yang lebih menguatkan kemungkinan tersebut dibandingkan pada masa dinasti Han.

Yang menggunakan istilah Kha Khan tidak semua bangsa asing , pada masa tersebut yang menggunakan istilah Kha Khan adalah bangsa Xian Bei, Rou Ran , Tu Jue, Hui He dan Mong Gu. Dan kerajaan-kerajaan yang dipimpin oleh bangsa Xian Bei adalah sebagai berikut:

  1. Qian Yuan dipimpin oleh MuRong Huang
  2. Hou Yuan dipimpin oleh MuRong Chui
  3. Xi Qin dipimpin oleh QiFu Guoren
  4. Nan Liang dipimpin oleh TuFa WuGu
  5. Nan Yuan dipimpin oleh MuRong De.

[Foto Ilustrasi : Oil painting on silk, "Hua Mu Lan Goes to War" , Source: http://hoover.archives.gov/exhibits/China/ancientciv/philosophy/]

Juga bukankah berdasarkan teori bahwa pada masa Dinasti Han itu suku Xiong Nu mengembara ? Jika pada saat itu masih mengembara mengapa dalam syair Mulan ada sebutan di timur kota , di utara kota ? Dari syair tersebut juga bisa dikatakan mungkin Hua Mulan adalah suku Xian Bei. Dan sebutan raja untuk bangsa Xiong Nu adalah Dan Yv.Saya sedang berpikir apakah mereka bangsa-bangsa asing yang kemudian membentuk kerajaan di China dulu menganggap suku-suku nomaden adalah bangsa barbar ?

Mengenai istilah Tai Zi , sebenarnya kerajaan-kerajaan pada masa 16 guo itu sudah mengadaptasi sistem pemerintahan Han. Jadi tidak aneh kalau ada istilah Tai Zi dalam syair tersebut. Contohnya adalah Liu Yuan 劉 灁 mengangkat dirinya menjadi kaisar , membentuk pemerintahan dan tahun pemerintahan disebut Yuan Xi 元熙. Liu Yuan ini sebenarnya bangsa Xiong Nu tapi menyebut negaranya adalah negara Han dan menggunakan sistem pemerintahan ala dinasti Han. Demikian pula kerajaan-kerajaan lainnya. Walau kata Hu menunjukkan suku-suku yang berada di utara dan barat China tapi lebih khusus ditujukan kepada bangsa Xiong Nu.

Ada satu kemungkinan lain adalah syair Hua Mulan merupakan terjemahan
seperti nyanyian Chi Le Ge 敕勒歌 yang merupakan lagu rakyat bangsa Xian Bei dan diterjemahkan kedalam bahasa Han.

Kisah heroik Hua Mulan tidak memiliki penjelasan lain selain syair
tersebut. Berbeda dengan kisah heroik seorang gadis bernama Xun Guan 荀 灌. Yang membedakan mungkin adalah Xun Guan tidak menggantikan ayahnya masuk wajib militer dan Xun Guan tidak menjadi tentara dalam jangka waktu panjang. Xun Guan hanya menyamar menjadi tentara dan menerobos kepungan musuh. Tapi dari dua kisah ini , kisah Xun Guan lebih memiliki catatan yang lengkap seperti misalnya dinasti apa , tahun pemerintahan kapan dan usianya yang saat itu adalah 13 tahun.

Kemungkinan Hua Mulan Hidup Di Masa Dinasti Han

Kemungkinan hidup pada Dinasti Han adalah sangat kecil , kemungkinan adalah pada masa 5 hu 16 guo yang kurang lebih 1 abad. Pada masa itu memang ada banyak kerajaan yang merupakan kerajaan non Han seperti misalnya Xia 夏 yang merupakan kerajaan orang Xiong Nu.

Pada masa Dinasti Han , unta bukanlah merupakan kendaraan yang digunakan. Tetap mereka menggunakan pasukan kavaleri berkuda. Masalah xiao atau bakti , lebih memungkinkan bahwa sipengarang sendiri yang terpengaruh dengan pola pikir Confuciusm. Apalagi mengingat jaman 16 guo itu dan jaman sebelumnya banyak suku- suku non Han mengadopsi budaya Han.

Jika sipengarang adalah orang Han , tentunya tidak menggunakan
istilah Kha Khan yang jelas-jelas tidak pernah digunakan untuk menyebut kaisar dengan istilah seperti itu. Kecuali sipengarang bukan orang Han dan menilik dari penyebutan nama terhadap pimpinannya kemungkinan berasal dari suku Xian Bei. Dan suku Xian Bei termasuk menghormati unta sebagai sarana transportasi selain kuda , berbeda dengan orang Han.

Dalam banyak kasus peperangan pada masa Dinasti Han , semua memakai kuda. Jendral Li Guang pun menggunakan kavaleri berkuda untuk berperang di utara dan barat. Jika Mulan adalah orang Han tentunya dalam syair akan disebut Ming Ma atau mungkin HAn Xue Ma bukan ming tuo.

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa 7425


Last modified onFriday, 07 December 2012 07:56
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1353-tentang-masa-kehidupan-hua-mulan

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto