A+ A A-

Etnohistorikal Tiongkok : Tiol

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Masyarakat Tiol dikenal juga sebagai Kiorrs adalah salah satu grup etnik yang hidup diselatan provinsi Yunnan. Mereka berjumlah sangat sedikit dan bukan termasuk etnik grup yang dikenal resmi . Para etnolinguist menggolongkan mereka sebagai subgrup Kmhmu. Keduanya merupakan bahasa Mon-Khmer , cabang dari keluarga bahasa Austroasiatic . Selain di selatan Yunnan , masyarakat Tiol juga terdapat di utara Laos dengan jumlah hanya ratusan.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Di pertengahan abad 18 , ekspansi dari kelompok masyarakat yang berbahasa Tai ke Laos , memaksa grup Kmhmuic pindah ke utara Laos dan selatan Yunnan , termasuk juga masyarakat Tiol. Pemukiman Tiol terletak di kawasan tropis di ketinggian terendah dari pegunungan , dan terdiri dari belasan hingga ratusan keluar dan total 150-1200 jiwa. Rumah pemukiman terbuat dari bahan bambu dan kayu. Seperti halnya masyarakat pinggiran lainnya , teknik pertanian masih tertinggal dengan sistem tebang dan bakar. Ladang diolah selama satu-dua tahun sebelum ditinggalkan dalam keadaan kosong selama 10 tahun. Komoditas pertanian Tiol berupa jagung , tumbuhan polong , cabai , talas , ubi rambat. Untuk memenuhi kebutuhan protein mereka juga memelihara babi , ayam , bebek , kambing

Menelusuri Etnis Lain : http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/dialek-tionghoa-chinese-dialects

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghua

Referensi :

  1. James Olson , "An Ethnohistorical Dictionary in China" , Greenwood Press , 1998.



Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1354-etnohistorikal-tiongkok--tiol

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto