A+ A A-

Film : Xiu Xiu - The Sent Down Girl [1998]

  • Written by  Xuan Tong & Chris
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Xiu Xiu : The Sent Down Girl adalah film tahun 1998 yang disutradai oleh artis kawakan Joan Chen berlatar sejarah Revolusi Kebudayaan di masa tahun 1970-an di Republik Rakyat Tiongkok. Film ini sekaligus debut bagi Joan Chen sebagai sutradara. Film ini didukung juga oleh Lu Lu dan Lopsang.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Xiu Xiu adalah karakter seorang gadis berusia 15 tahun di Chengdu . Sebenarnya Xiu-Xiu itu salah satu korban Revolusi Kebudayaan. Dimana pada masa itu pendidikan dianggap tidak penting , yang penting adalah praktek dilapangan. Sayangnya Xiu-Xiu masih terlalu muda dan tidak memiliki koneksi untuk keluar dari lingkaran setan birokrasi yang korup. Ia menjual tubuh tanpa disadari dan para pejabat korup menikmati itu. Kemudian masyarakat menilai dirinya hina , hanya seorang yang mencintai dirinya yang mau berkorban menolongnya. Mereka yang bernasib seperti Xiu-Xiu itu jutaan dan mereka adalah korban REVOLUSI KEBUDAYAAN.

Tapi saya masih menganggap film-film Li HanXiang masih lebih baik
daripada film-film Zhang Yimou. Hanya Li hidup pada jaman waktu euphoria Tionghua belum berkembang, sehingga nasibnya tidak sebaik Zhang Yimou dan Chen Kaige dalam kancah dunia perfilman internasional.

***

Member "Budaya Tionghua" yang lain berpandangan bahwa Xiu-Xiu itu tidak bisa mewakili politik komunis, bahkan sangat bertentangan. Xiu-xiu itu adalah gambaran suatu era dimana dalam masyarakat yang mulai progresive masih ada satu bagian yang merendahkan wanita yang tersisa dari adat feodal.

Xiu-xiu dikirim ke pedalaman karena politik partai komunis yang
ingin membuat wanita mandiri. Idenya itu bagus, dan memang waktu itu jutaan wanita mengalami seperti itu. (Di Indonesia juga, ada waktu dimana lulusan universitas dikirim ke pedalaman untuk kerja praktek. Pada saat ini, masih tersisa untuk fakultas kedokteran).

Tetapi seperti biasanya, ideology lebih bisa dimengerti oleh mereka
yang berpendidikan di kota. Di pedalaman, mereka meneruskan pola karakter feodal, jauh dari pusat kekuasan, disana birokrasi merupakan raja2 kecil. Disinilah Xiu-Xiu menjadi korban. Dia tidak akan menjadi korban kalau dia mampu mengerti kenapa dia tinggal di pedalaman. Dia menjadi korban karena dia tidak mengerti artinya untuk hidup di pedalaman semacam itu, dan merindukan keramaian Chengdu terus menerus. Dia contoh cewek kota di desa yang seperti ikan gurame dicemplungi ke laut.


Ada lagi satu film yang sebaliknya, menceritakan gadis desa yang
merindukan untuk keluar dari desanya dan ikut keramaian revolusi di kota2 dan tempat2 frontier. Film itu judulnya "Huangdu Di / Yellow Earth", directornya Chen Kaige. Menceritakan seorang tentara PLA yang masuk kedesa untuk mencari lagu-lagu rakyat yang bisa digunakan untuk revolusi. Disana dia bertemu dengan seorang gadis, yang mengagumi sikap progressive dan kesempatan yang bisa diraih. Gadis itu kemudian merasa menjadi tentara adalah sarana untuk bisa keluar dari desa dan maju. Tentara itu menjanjikan untuk mengusahakannya, tetapi entah lupa, atau entah kerena prosesnya memang lama, si gadis itu keburu dikawinkan.

Tapi biar bagaimanapun film ini meraih berbagai penghargaan walaupun di cekal oleh pemerintah RRT. Beberapa penghargaan itu antara lain , Berlin International Film Festival [1998] , Paris Film Festival [1999] dimana Lu Lu menjadi aktris terbaik.

 

DATA

Xiu Xiu : The Sent Down Girl | 1998 | Sutradara : Joan Chen | Produser : Alice Chen , Joan Chen | Naskah : Yan Geling | Dibintangi : Lu Lu , Lopsang , Zheng Qian | 99 Menit  | Mandarin

 

Kontributor Tulisan : Xuan Tong dan Chris

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1359-film--xiu-xiu-the-sent-down-girl-1998

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto