A+ A A-

Apakah Shaolin Merupakan Cikal Bakal Beladiri Tiongkok ?

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Ada beberapa teori yang membantah pernyataan bahwa Shaolin merupakan cikal bakal beladiri China. Seingat saya selain gerakan lima binatang Hua To , metode pernafasan sudah ada sejak jaman Dinasti Zhou.
Sayangnya saya lupa catatan apa yang menuliskan masalah tersebut. Kemungkinan namanya adalah Xing Qi Yi Bei Lu 行 氣 玉 佩 錄

Artikel Terkait :

{module [201]}

Beberapa teori antara lain adalah :

1.Perguruan beladiri tertua di China adalah Qing Cheng Pai 青城 派 yang berada di gunung Qing Cheng 青城 山. Saya sendiri meragukan kebenaran tersebut , walau konon  jurus yang tertua disebut Tian Gang Quan 天罡 拳. Saya hanya meyakini bahwa mesiu memang berasal dari taoist yang berada di Qing Cheng. Dan satu hal lagi adalah Lv SiNiang 呂 四娘 murid dari perguruan Qing Cheng. Dan tokoh ini memang benar pernah ada dan hidup tapi apakah seperti yang diceritakan oleh pengarang silat Liang YvSheng ?

2.Perbedaan karakteristik gerak beladiri
Shaolin dengan Kalipariyat dari India konon adalah single form dengan continues form. Shaolin dengan gerakan 18 arahat itu rasanya merupakan gerakan berkesinambungan berbeda dengan kalipariyat yang hanya satu gerakan untuk satu reaksi yang mengcounter aksi.

3.Murid BodhiDharma yaitu Hui Ke merupakan seorang ahli beladiri (baca:mantan tentara) sebelum menjadi Buddhist.

4.Shaolin tidak didirikan oleh Bodhidharma melainkan oleh BaTuo dan salah satu murid BaTuo yaitu Sheng Guang sendiri sudah merupakan ahli beladiri.

5.Menilik dari gerakan Yi Qin Jing yang rasanya agak berbeda dengan Asanas Yoga maupun Hatta Yoga.

Tapi saya rasa mungkin sekali bhiksu-bhiksu Shaolin menggabungkan antara yoga dengan daoyin China. Sehingga menjadi sesuatu yang baru.

hormat saya ,
Xuan Tong

***

Budaya Tionghoa : Mailing-List Budaya Tionghua

Nomer Arsip : 7637

Diposkan oleh :  Xuan Tong , 17 Oktober 2004

Kategori : Seni Bela Diri

Partisipan : Xuan Tong , Dr Han Hwie Song

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1371-apakah-shaolin-merupakan-cikal-bakal-beladiri-tiongkok-?

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto