A+ A A-

Arsitektur Rumah Hakka

  • Written by  Jamal Senjaya
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Ada tiga tipe dusun dalam  perumahan Hakka yaitu Rumah Phoenix 五鳳樓 , Rumah Bundar土樓,圓屋 , Piang Fong  平房 (artinya rumah Petak). Ada tiga tipe perumahan yang saya percaya kalau itu menandakan tiga tahapan migrasi suku Hakka. Ini dapat didukung dengan distribusi statistik dari tipe-tipe rumah yang berbeda sepanjang jalur migrasi.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Saat Suku Hakka pertama pindah ke Fujian, mereka adalah para petugas istana kekairasan. Mereka mampu membangun rumah-rumah yang sangat besar (rumah Phoenix) yang bermodel seperti istana kekaisaran. Kecuali para penduduk disahkan oleh Kaisar, sepertinya tidak mungkin mereka dapat membangun rumah-rumah dengan model  dengan dekorasi yang menawan, tanpa membahayakan hidup mereka dari pelanggaran terhadap istana kekaisaran.

Pada tahapan tengah, warga Hakka kehilangan dukungan dan hubungan dengan istana kekaisaran. Mereka harus bersaing dengan penduduk lokal untuk persamaan tanah (sebenarnya mereka kurang sama).. Gagal memperoleh berkah dan perlindungan dari Kaisar (yang saat itu juga sedang banyak masalah), mereka sering diserang penduduk lokal. Rumah budar di bangun dengan struktur pertahanan kokoh (Seperti benteng) untuk menahan serbuan penduduk lokal.


Pada tahapan akhir migrasi. Warga Hakka sudah lebih kurang berintegrasi dengan penduduk lokal. Mereka memerlukan lebih sedikit perlindungan dan pertahanan. Untuk bersahabat dengan penduduk lokal, Piang Fong dibangun sebagai simbol keterbukaan. Piang Fong juga dapat ditemui lebih awal sebagai permukiman untuk kelas yang lebih bawah (para pelayan, petugas kelas bawah) yang menemani para bangsawan pada migrasi ke arah Selatan.


Ada beberapa inidikasi yang kami pelajari bahwa banyak rumah Phoenix pada permukiman awal Hakka di Fujian. Rumah bundar umumnya terdapat pada daerah atas (Timur) sungai permata (Pearl River) dari Guangdong, dimana dekat delta permata, sebagian besar kami melihat Piang Fong. Di desa kelahiran saya di Dongguan, saya tidak melihat rumah Phoenix ataupun Rumah Bundar.


Bagian ini ditulis sebagai surat pada Februari 1996 untuk teman Korea yang sedang mempelajari permukiman Hakka. Dan ditambahkan ke Webpage pata 5 Maret 1996 (www.asiawind.com)

[Foto Ilustrasi : [By Admin] Courtesy Gisling唐戈 ,English: Zhenchenglou, a rotunda tulou in Yongding county, Fujian. , 2007 ]


Bangunan Bumi Hakka (Tulou)


Gaya dan lokasi dari Bangunan Bumi Hakka – Banyak tipe-tipe berbeda dari Bangunan Bumi di area Hakka. Tipe yang paling populer adalah Bundar, Persegi, dan Lima-Phoenix Bangunan Bumi. Model-model berikut ditemukan diantara Bangunan-bangunan Bumi Hakka:


Pada pembangunan awal area Hakka awal dan pusat area kebudayaan Hakka seperti Ning Fah (寧化 Ning Hua), Shong Hong (上杭 Shang Hang), Selatan Jiangxi, Ka Ying (嘉應 Jiaying), Moi Yen (梅縣 Meixian), kami jarang melihat Bangunan-bangunan bundar dan persegi yang besar. Tipe-tipe bangunan seperti ini cenderung hadir pada area pinggiran budaya Hakka selama era dinasti Ming-Qin dalam ekonomi yang lebih besar, dan/atau populasi desa-desa Hakka yang lebih besar.


Pada pembangunan awal area Hakka awal dan pusat area kebudayaan Hakka, tipe-tipe yang paling populer adalah Bangunan-bangunan Lima-Phoenix dan yang lainnya adalah Ping Fang (平房 "flat house" atau Piang Fong dalam bahasa Hakka). Bangunan Lima-Phoenix atau juga dikenal dengan Bangunan Naga Melingkar, yang mengingatkan kita istana kekaisaran namun jauh lebih kecil. Tipe terbuka Ping Fang cenderung trend yang lebih baru dari rumah-rumah Hakka. Ada sedikit tipe bangunan terbuka Ping Fang yang dibangun sebelum dinasti Qing. Selain gaya yang telah diterangkan, terdapat juga Ba Gua (“Pat Gua” dalam bahasa Hakka), semi-melingkar, tipe-tipe sepatu kuda, dsb.


Konsentrasi terbesar dari Bangunan Bumi terdapat di segi tiga diantara Fujian Bagian Barat, Guangdong Bagian Timur, dan Selatan Jiangxi, menutupi lebih dari 50 kabupaten


Bangunan bumi melingkar


Satu dari tipe-tipe Bangunan Bumi Hakka yang populer adalah Bangunan Bumi Bundar. Klik deskripsinya dalam bahasa Mandarin tentang Bangunan Bumi di www.asia1.com.sg/zaobao/pages/fk0043.html (dibutuhkan browser Chinese). Bangunan tipe ini berbentuk bundar dan terbagai menjadi tiga kelas, kecil, sedang dan besar. Yang kecil biasanya 2 – 3 tingkat dengan sebuah lingkaran kecil. Permukiman medium biasanya 3 – 4 tingkat dengan ruang dalam terbuka yang lebih besar (satu cincin) atau dobel cincin. Bangunan bundar yang besar biasanya 4 – 5 tingkat terdiri sebanyak tiga cincin.


Yang sangat kecil memiliki 12 – 18 ruang, yang kecil memiliki 21 – 28 ruang, yang berukuran sedang memiliki 30 – 40 ruang, yang besar memiliki 42 – 58 ruang, dan bangunan melingkar yang sangat besar memiliki 60 – 72 ruang.


Dua pertiga bangunan bundar adalah setinggi 3 tingkat dan perkiraan kasar berisi sekitar 20 keluarga atau 100 orang. Bangunan bumi yang bundar adalah sebuah permukiman “Berorientasi-grup” biasanya dengan satu pintu utama. Temboknya biasanya setebal 1 meter. Pintu masuk utama dilapisi dengan lapisan besi dan dikunci dengan dua balok kayu horizontal. Batang-batang kayu ditarik masuk ke dinding untuk membuka pintu. Jika batang-batang kayu digergaji, mekanisme penguncian masih kuat.


Dibagian dalam pintu masuk, terdapat halaman tengah yang luas dimana semua pintu-pintu dari ruang-ruang dan jendela bagian dalam terbuka. Pada bagian dasar kecuali aula dan tangga rumah, ruang-ruang digunakan sebagai dapur dan ruang-ruang makan. Ruang-ruang di tingkat dua digunakan sebagai tempat penyimpanan. Ruang-ruang di tingkat tiga digunakan sebagai kamar tidur. Ruang-ruang di setiap tingkat identik. Di depan setiap ruang, terdapat sebuah gang melingkar terbuka dan biasanya terdapat 4 tangga untuk pindah dari satu tingkat ke tingkat lainnya.


Jadi setiap kelurga menempati sebuah unit vertikal dengan bagian tingkat bawah sebagai dapur, tingkat dua sebagai tempat penyimpanan dan lainnya dan tingkat tiga digunakan sebagai kamar tidur. Kadang-kadang tidak ada gang kecil melingkar. Sebagai gantinya, setiap keluarga memiliki tangga pribadi masing-masing.


Ruang khas berukuran sekitar 10 – 13 meter persegi. Bangunan bumi bundar yang lebih besar memiliki ruang sekitar 15 meter persegi. Jendela kearah luar cendering kecil, dengan ukuran jendela tembok luar lebih kecil dan ukuran jendela pada dinding dalam lebih besar memungkinkan pandangan yang lebih lebar dari bagian dalam. Sangat sulit bagi orang luar untuk masuk kedalam melalui jendela. Biasanya tidak terdapat jendela pada bagian dasar.


Kalau ukuran bangunan bundar cukup besar, disana terdapat cincin bagian dalam, dimana seperti bangunan bundar didalam bangunan bundar. Untuk bangunan-bangunan yang dibangun pada abad kelima-belas, mereka memiliki fitur pertahanan yang lain yang dapat menyerang balik. Dikatakan sepanjang dinasti Ming saat para bajak laut dari jepang menyerang daerah-daerah pesisir pantai, mereka selalu meniggalkan area bangunan-bangunan Bumi Hakka sendirian.


Bangunan-bangunan Lima-Phoenix


Bangunan-bangunan Lima-Phoenix (五鳳樓 Wu Feng Lou) adalah yang representatif dari tradisional Hakka budaya Zhong Yuan 中原 yang dibangun menurut pola istana Imperial Cina Tengah (Zhong Yuan). Bangunan Lima-Phoenix memiliki karakteristik sebagai berikut:
Memiliki sumbu tengah dengan aula tengah, Paling sedikit satu ruang atas dan satu ruang bawah aula, Kanan-kiri ruang-ruang simetris (rumah-rumah), Di bagian depan rumah, memiliki halaman besar dan kolam, Rumah-rumah bagian depan lebih rendah dan rumah-rumah bagian belakang lebih tinggi dari level dasar.

Terdapat lebih dari 2.000 Bangunan Lima-Phoenix di distrik Shang Hang (Bagian Barat Fujian), lebih dari 1.000 bangunan di setiap distrik pada Fukien Barat: Yong Ting, Yong Ting, Wu Ping, Ning Hua, Lian Chen, Ching Liew dan Chang Ting. Diseberang propinsi Guangdong, semuanya terdapat lebih dari 10.000 Bangunan Lima-Phoenix, dengan mayoritas di bagian Timur Guangdong. Total semua, diperkirakan terdapat 20.000 Bangunan Lima-Phoenix, lebih dari 4 kali bangunan Bumi Bundar.


Lima Phoenix melambangkan lima tipe berbeda dari “burung-burung” dalam lima warna berbeda: Merah Jambu, Kuning, Hijau, Ungu, dan Putih. Itu juga melambangkan bagian Utara, Timur, Selatan dan Barat. Yang kemudian disebut Lima-Phoenix. Terdapat berbagai variasi berdasarkan pola yang diindikasikan diatas: pola tiga aula, dua aula dan satu sisi-pola ruang, tiga aula dan dua sisi – pola ruang, tiga-aula dan dua sisi-ruang ditambah “lingkaran belakang Naga” ³ò龍 (Wei Long) di bagian belakang, sembilan-aula dan dua pola berseberangan dan sebagainya. Semua berdasarkan sumbu tengah


Yang terbesar adalah tipe sembilan-aula. Pada sumbu tengah yang sama, terdiri dari tiga Bangunan Lima-Phoenix yang disebut Bangunan Belakang (後樓 Hou Lou), Ketiga aula tengah di sumbu tengah disebut Bagian Atas, Tengah dan Ruang Bawah (Ting). Terdapat sebuah halaman terbuka diantara bangunan Lima-Phoenix terakhir (Hou Lou) dan  bangunan Lima-Phoenix kedua yang secara keseluruhan satu langkah lebih rendah daripada Hou Lou. Bangunan Lima-Phoenix kedua ini disebut Tang Tengah 中廳,  dan kemudian diseberang halaman terbuka lainnya, juga terdapat satu langkah lebih rendah, disebut下廳 Lower Tang. Demikian kita memiliki tiga Bangunan Lima-Phoenix independen, yang terletak pada garis sumbu yang sama, ia memiliki tiga tingkat dari ketinggian dasar, sembilan aula (tiga di setiap bangunan,) berbaris dalam garis sumbu yang sama.


Variasi yang paling populer adalah struktur-tiga pusat (Tang) dan pola dua-sisi ruang . Tang bagian belakang dan kanan kiri ruangan biasanya bangunan berlantai dua. Di depan bangunan terdapat kolam semi-lingkaran diameter dari kolam tersebut pararel dengan bangunan depan. Diatara kolam dan bangunan adalah sebuah halaman.


Memasuki pintu depan, kamu berada di Ting yang lebih rendah, Ting rendah berbentuk segi empat dimana kedalamannya jauh lebih pendek daripada lebarnya. Pada sisi kiri dan danan Ting Rendah dan Ting Tang Tengah adalah sebuah halaman terbuka. Juga terdapat kiri dan kanan Ting yang lebih kecil diantara Ting Rendah dan Ting Tengah. Demikian keempat Ting berbagi halaman terbuka yang sama dan setiap Ting dapat melihat ketiga Ting lainnya. Kamu memiliki 4 Ting yang berdiri sendiri dari berukuran yang berbeda dan juga membentuk struktur terintegrasi satu sama lain. Setiap Ting digunakan untuk tujuan yang berbeda.


Sebagai satu pintu masuk Ting Tengah dari Ting Rendah, setelah melewati dua Sisi Ting yang lebih rendah, satu langkah keatas setengah satu langkah untuk menunjukan itu berada di level yang lebih tinggi. Kedalaman Ting Tang Tengah kira-kira dua kali lebih dalam dari Ting Rendah, demikian Ting Tang Tengah sedikit lebih besar daripada Ting Rendah. Pada Ting yang lebih atas, terdapat dua tingkat. Semau jendela ruangan terbuka ke jalan gang atau halaman terbuka, menghadap garis sumbu tengah .


Bangunan Lima-Phoenix biasanya dibangun menghadap ke sungai dan pada sebuah lelukan (lereng landai). Pada bagian belakang gedung. Biasanya terdapat kebun sayur-sayuran. Kolam depan biasanya untuk mencuci, mengairi kebun, dan untuk alam air. Gentengnya biasanya terbuat dari "Wa" Hijau (瓦roof tiles),  dan dinding-dindingnya cenderung berwarna putih.


Disadur dari http://www.asiawind.com/hakka/houses.htm [Diakses Oktober 2004]
Catatan : Untuk Membaca versi bahasa Inggris, dan foto-foto Rumah Hakka, dapat dilihat di http://www.asiawind.com/hakka/houses.htm.[Diakses Oktober 2004] Foto-foto rumahnya Sangat unik dan bagus, salah satunya saya jadikan background komputer saya :)

Jamal Senjaya

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa 8218

 


Last modified onTuesday, 11 December 2012 10:05
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1381-arsitektur-rumah-hakka

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto