A+ A A-

Sekilas Unit Militer Dimasa Dinasti Ming

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Pada masa Dinasti Ming banyak divisi (unit militer) yang disebut dengan menggunakan kata Wei dibelakangnya. Misalnya Jing Yi Wei (yang terkenal) ,Long Hu Wei , Shen Yang Zhuo Wei , Jin Wu Wei dan lain-lain. Banyaknya Wei ini disebabkan pada masa Dinasti Ming , unit besar militer disebut Wei Shuo. Masih ada lagi yang disebut lima Tangsi atau Wu Ying.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Jing Yi Wei memiliki 10 Se (saya artikan unit) dimana unit-unit itu ada yang merupakan unit panah , senjata api, tombak berkiat , pasukan berkuda dan lain-lain. Bagian-bagian dari Jing Yi Wei ada yang disebut Fu Jvn Qian Wei Dai Dao Guan yang menggunakan golok besar ( TU DAO). Hirarki juga ada , seperti Da Han Jiang Jvn , Xiao Wei , Li She , Jiang Jvn dan lain-lain.

Dalam hirarki ada yang disebut Qian Hu. Dalam film-film atau cerita silat pada masa dinasti Ming kita pasti pernah mendengar istilah Qian Hu , entah itu adalah Jing Yi Wei (seperti dalam film Swordsman/Xiao Ao Jiang Hu versi bioskop) ataupun unit lainnya. Qian Hu memimpin 1120 pasukan. Masih ada Bai Hu yang memimpin 112 orang.


Ketika Zhu Yuan Zhang berhasil mendirikan dinasti Ming , tidak lewat dua tahun berkuasa ia mendirikan Qin Jvn Du Wei Fu yang ditujukan untuk memperkukuh kekuasaannya. Pada masa pemerintahan Hong Wu ke 15 , divisi diatas dihapuskan dan
dibentuk divisi baru yaitu Jing Yi Wei. Jing Yi Wei bukan satu-satunya Wei Shuo(cat: saya artikan divisi militer) yang ada. Tapi divisi militer ( Wei Shuo) lainnya lebih bersifat militer terutama menghadapi serangan musuh dari luar ataupun pemberontakan.

Jing Yi Wei ini yang terkenal karena sepak terjangnya dan perannya
sebagai pasukan dinas rahasia yang menakutkan.
Selain itu masih ada dua badan rahasia yaitu Dong Chang dan Xi Chang yang juga menakutkan. Tapi Dong Chang dan Xi Chang itu dikuasai atau dipimpin oleh para kasim.


Pada masa pemerintahan Hong Wu ke 26 , dibentuk satu badan yang disebut Sun Jian Se. Badan ini mirip seperti polisi yang bertujuan menangkap penyelundup garam, rampok , desertir, buronan dan menjaga keamanan. Dan diserahkan kepada bagian penegakan hukum. Disaat pembentukan awal ini Jing Yi Wei diperintahkan untuk membantu badan tersebut. Dan dalam pengembangannya badan tersebut Jing Yi Wei selalu terlibat. Dalam perkembangannya kemudian bisa dikatakan bahwa Sun Jian Se ini merupakan badan kepolisian yang jelas dan Jing Yi Wei (serta Dong Chang dan Xi Chang) merupakan badan polisi rahasia.

Jika kita melihat cerita silat
Dinasti Ming , setiap wei rata-rata ada kasim atau dibawah perintah kasim. Pada masa itu ada pejabat pengawas militer di tiap-tiap wei shuo dan rata-rata mereka adalah kasim. Baju Yi Lin Jvn berwarna-warni karena selain bertugas melindungi kaisar juga seringkali berperan sebagai pasukan kehormatan.

hormat saya ,
Xuan Tong

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

 


Last modified onSunday, 16 December 2012 19:22
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1406-sekilas-unit-militer-dimasa-dinasti-ming

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto