A+ A A-

Susyana Tjhan : Atlet Wushu Berprestasi Internasional

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Selain Lindswell Kwok , juara dunia Wushu 2009 asal Medan , Indonesia juga punya atlet wushu handal yang lagi-lagi dari sektor putri . Dia adalah , Susyana Tjhan kelahiran Jakarta , 19 November 1984.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Prestasi Tjhan sebagai atlet dimulai sejak meraih tiga medali emas di Kejuaraan Daerah di Jakarta , 1994. Setelah itu karirnya sebagai atlet wushu terus menanjak. Tjhan telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang internasional. Tujuh tahun kemudian , Tjhan meraih prestasi internasional pertama di SEA GAMES 2001 , Malaysia dengan meraih satu medali emas dan satu perunggu. Pada SEA GAMES 2003 di Vietnam , Tjhan meraih dua medali perak. Dua tahun kemudian diajang yang sama di Filipina , Tjhan meraih satu medali emas dan dua medali perak.

Dari kawasan regional ASEAN , Tjhan bertanding dilevel kawasan yang lebih luas , Asia dan Dunia. Di Kejuaraan Asia 2004 , Myanmar , dia meraih medali perunggu. Prestasi tingkat Asia bisa dianggap sebagai prestasi mendunia , karena kawasan Asia masih menjadi kiblat wushu dunia.

Pada kejuaraan Dunia 2007 di Vietnam , Tjhan meraih posisi empat besar di salah satu nomer. Setelah sempat meraih satu medali perak di Asian Games 2006 Qatar , Tjhan mengulang prestasi yang sama di Kejuaraan Dunia 2007 di Beijing. Di ekshibisi Wushu di Olimpiade Beijing 2008 , Tjhan meraih medali perunggu , tapi karena merupakan ekshibisi , perolehan medali tidak digabungkan ke klasemen umum.

Setelah Olimpiade 2008 , Tjhan masih meraih berbagai prestasi membela Indonesia di ajang World Games 2009 Taiwan , Sea Games 2009 Laos dan Combat Games 2010.

SEA GAMES XXVI kemaren menjadi penampilan terakhir Tjhan dalam membela negara. Dalam empat kali SEA Games , Tjhan sudah meraih tiga medali emas , empat medali perak dan dua perunggu.

Di ajang SEA GAMES 2011 , Susyana masih sempat menyumbangkan medali emas bagi negaranya.[2] Seusai SEA Games 2011 , Tjhan dikabarkan akan pensiun. Menurut Tempo , Susyana Tjhan sadar bahwa usianya tidak muda lagi dan persaingan ketat dari atlet muda akan bermunculan. Walau demikian Tjhan akan melanjutkan kepelatihan dan kuliah S-2 setelah mendapat tawaran di Shanghai University of Sport di Shanghai. Saat ini Tjhan sudah mulai membagikan ilmunya kepada masyarakat , terutama anak-anak di klub Citra Garden. [3]

[Foto Ilustrasi , http://id-id.facebook.com/pages/Susyana-Tjhan/114299525340448]

Susyana Tjhan bersama juniornya , Lindswell Kwok, menyumbang setengah dari delapan medali emas yang direbut tim wushu Indonesia[4]. Peraihan medali ini melampaui target dari KONI yang hanya menargetkan lima medali emas.

REFERENSI :

1. Tempo , "Menunggu Penampilan Terakhir Susyana Tjhan" , 3 November 2011

2. Kompas , " Tambah Emas " , November 2011

3. Situs Resmi SEA GAMES 2011 , [Di akses Desember 2011]

4. Antara , "Antara Prestasi dan Regerenasi" , 22 November 2011

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghua 1958


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan link aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1424-susyana-tjhan--atlet-wushu-berprestasi-internasional

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto