A+ A A-

Superkomputer Tiongkok , Dawning4000A

  • Written by  Huang Dada
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Seperti yang dikutip dari People Daily , superkomputer tercepat di Tiongkok , Dawning4000A , beroperasi dengan kecepatan 11 triliun perdetik , secara resmi dimulai di Shanghai Supercomputer Center , SCC di bulan November 2004. Dengan superkomputer ini Tiongkok menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat dan Jepang yang memiliki superkomputer dengan kecepatan diatas 10 triliun perdetik.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Setelah acara peluncuran , Chen Liangyu , anggota dari politbiro Partai Komunis Tiongkok dan Sekretaris Partai di Shanghai , memulai sistem Dawning4000A dan 11 tugas yang dimasukkan kedalam sistem. Sebagai node utama dari jaringan nasional , Dawning4000A juga sukses terhubung dengan jaringan nasional untuk pertama kali menyediakan layanan komputasi sampai ke Beijing.

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kinerja tinggi , menjadi indikator penting dari kekuatan Riset dan Pengembangan sebuah negara. Dalam rangka untuk memenuhi permintaan untuk komputasi berkinerja tinggi di Shanghai , kawasan timur Tiongkok dan bahkan seluruh negeri , proyek SCC yang telah dimulai pada tahun 2003 , merencanakan ekspansi fase kedua , proyek utama mengenai informasi di pelabuhan Shanghai

Dibawah upaya bersama Institut Teknologi Komputer dari China Academy of Sciences , Dawning Corporation dan Shanghai Supercomputer Center , Dawning4000A mencapai peringkat 10 dalam daftar 10 komputer berkinerja tinggi yang dirilis dibulan yang sama. Pada bulan Agustus instalasi sistem selesai dan di bulan September memasuki tahap uji operasi.

Selama tahap ujicoba operasi , SCC menambhkan aplikasi komersial senilai puluhan juta yuan dan berhasil melakukan serangkaian test dalam mode performa tinggi.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

 

Last modified onMonday, 07 January 2013 00:15
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1437-superkomputer-tiongkok--dawning4000a

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto