A+ A A-

Taiji Quan (Shadow Boxing)

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Kata "Taiji" pertama muncul di "Book of Changes" atau Kitab Yi Jing dari masa Dinasti Zhou. Essay itu berkata " Dimanapun adalah Taiji , ada kedamaian dan harmoni antara positif dan negatif." Taiji berarti supremasi , ke-absolute-an , ekstrimitas , keunikan. Taiji Quan mengambil nama untuk implikasi dari superioritas. Nama Taiji Quan muncul ketika seorang master sekuler wushu Wang Zongyue  menggunakan filosofi positif dan negatif dari Yi Jing untuk menjelaskan prinsip bela diri.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Ada perbedaan opini mengenai asal usul Taiji Quan . Beberapa berpendapat bahwa Taiji Quan diciptakan oleh Zhang Sanfeng dari masa Dinasti Song [961-1279 M] sementara yang lainnya percaya bahwa Taiji Quan  diciptakan oleh Han Gongyue dan Cheng Lingzi dari masa Dinasti Liang [502-557]. Pendapat lain mengatakan bahwa Taiji Quan diciptakan oleh Xu Xuanping atau Li Daozi dari masa Dinasti Tang [618-907]. Segala preposisi tersebut belum bisa dibuktikan oleh catatan otentik historis.

Menurut riset dari sejarahwan wushu Tang Hao , Taiji Quan pertama kali dipelajari dan dilatih diantara keluarga Chen di lembah Chenjia yang terletak di daerah Wenxian , Provinsi Henan. Koreografer awal dari Taiji Quan adalah Chen Wangting yang merupakan seorang scholar sekaligus seniman bela diri. Chen menggabungkan pengetahuannya tentang latihan psikologis klasik, filsafat positif-negatif yang ada di Yi Jing dan teori medikal Tiongkok tentang aliran darah, udara , energi  dalam tubuh , dengan pelatihan Wushu. Dia menyerap beberapa point penting dari berbagai aliran dan gaya aliran bela diri di masa Dinasti Ming, terutama 32 gerakan Qi Jiguang , untuk membentuk aliran Taiji Quan. Setelah bertahun-tahun menyebar , banyak gaya Taiji Quan yang tercipta. Yang populer dan paling menyebar luas adalah gaya-gaya sebagai berikut :

(1) Chen-style Taiji Quan , Gaya ini terbagi dalam dua kategori - klasik dan baru. Gaya klasik diciptakan oleh Chen Wangling sendiri. Memiliki lima rutin yang juga dikenal sebagai tinju 13 langkah. Gaya itu kemudian dilanjutkan ke Chen Changxing dan Chen Youben , di lembah Chenjia , yang semuanya ahli dalam gaya klasik. Chen Taiji adalah bentuk gaya awal dimana gaya lain dari Taiji Quan berasal baik langsung maupun tidak langsung dari gaya ini.

(2) Yang-style Taiji Quan , Perintis gaya keluarga Yang adalah Yang Luchan (1800- 1873) dari Yongnian , Provinsi Hebei. Yang mempelajari Taiji Boxing dari Chen Changxing di Chenjia pada saat masih kanak-kanak. Ketika dewasa dia kembali kedaerahnya untuk memberi pengajaran seni bela diri. Untuk sesuai dengan kebutuhan rakyat jelata, Yang Luchan membuat beberapa perubahan , mengeluarkan langkah-langkah yang sulit untuk disederhanakan. Anaknya kemudian mempersingkat yang akan lebih disederhanakan oleh cucunya. Sang cucu kemudian membentuk dan menyederhanakan jurus  , yang menjadi protokol dari gaya keluarga Yang. Karena aliran keluarga Yang ini lebih sederhana , praktis , maka aliran ini menjadi populer untuk dipelajari dan dipraktekan. Aliran gaya keluarga Yang memiliki fitur langkah dan gerakan yang mengkombinasikan kekerasan , kelembutan dan kealamian . Ketika berlatih , seorang praktisi harus relaks untuk membentuk kelembutan dan mentransformasikan kedalam kekerasan. Aliran ini terbagi kedalam tiga sub-rutin : high posture , middle posture dan low posture .

( 3 ) Wu-style Taiji Quan , Aliran Keluarga Wu diciptakan oleh Quan You  (1834-1902) , seorang Manchu yang tinggal di Daxing , provinsi Hebei. Dia mempelajari Taiji Quan dari Yang Luchan dan kemudian mengikuti anak kedua Yang Luchan , yaitu Yang Banhou untuk mengikuti studi singkat. Quan You dikenal dengan kemampuannya untuk memperlembut gerakan. Anak kedua Quan You , yaitu Quan Jiangquan merubah marga menjadi Wu , yaitu Wu Jiangquan (1870-1942). Wu Jiangquan (1870-1942) mewarisi dan kemudian menyebarluaskan satu gaya Taiji yang comfortable. Gayanya adalah kesinambungan dan banyak akal , tidak membutuhkan banyak lompatan , dan cocok digunakan untuk masyarakat umum sehingga gaya ini menjadi populer , yang dikenal sebagai aliran keluarga Wu.

(4) Wu Yuxiang Style of Taiji Quan,  Wu Yuxiang (1812-1880) adalah pencipta dari gaya lain Taiji Quan. Sebagai warga  Hebei , Wu Yuxian mempelajari Taiji Quan dari rekan seprovinsinya , Yang Luchan. Di tahun 1852, Wu pergi berkerja untuk saudaranya di Wuyang. Dalam perjalanan ke Wuyang , dia mempelajari gerakan baru dari Chen Qingping. Di rumah saudaranya , Wu mendapatkan transkrip Wang Zhongyue. Setelah kembali kerumah , Wu menyelidiki buku dan berlatih prinsip-prinsip yang ada didalamnya. Wu akhirnya menulis Sepuluh Point Penting seni bela diri dan Empat Kata Rahasia Taiji : Apply , Cover , Combat dan Swallow yang menjadi klasik dalam penulisan Wushu. Gaya Wu Yuxian memiliki fitur kekompakan , gerakan lambat , gerakan kaki yang ketat . Dada dan perut tetap tegak selagi tubuh bergerak. Gerakan luar tubuh dimulai oleh sirkulasi udara dalam tubuh dan penyesuaian batin.

 

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

Photo Credit :
1. http://www.flickr.com/photos/11418908@N07/3081339032/
2. Description Jian event at the 10th All China Games. Photo from Wushu One Family,
URL:http://w1f.net/photo/10th_all_china_games_and_china05/DSCF0406

 


Last modified onSaturday, 12 January 2013 13:05
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1472-taiji-quan-shadow-boxing

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto