A+ A A-

Gong Li : Profil Singkat Wanita Tercantik Di Tiongkok

  • Written by  Huang Zhi Wang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Gong Li 巩俐 lahir pada tanggal 31 Desember 1965 di Shenyang , Liaoning. Merupakan putri bungsu dari lima bersaudara dari ayah seorang profesor ekonomi dan ibu seorang guru. Gong Li kemudian dibesarkan di Jinan , Shandong. Sejak muda , Gong Li sudah berkeinginan untuk menjadi aktris. Disekolah , dia unggul dalam pelajaran menyanyi dan menari dengan mengesampingkan pelajaran lain. Oleh karena itu Gong Li sempat gagal dalam ujian dua kali walau akhirnya diterima di Beijing Central College of Drama pada tahun 1985.

 

Artikel Terkait:

{module [201]}

Pada saat itu mulai terjadi kebangkitan film di Tiongkok setelah satu dekade Revolusi Kebudayaan. Film garapan Chen Kaige 陈凯歌, "Yellow Earth" , Huang Tudi 黄土地 [1984] sukses dalam Hongkong Internasional Film Festival menandai bangkitnya para sutradara "Generasi Kelima". Selain Chen Kaige ada Zhang Yimou 陈凯歌, sutradara muda yang terlibat dalam "Yellow Earth" sebagai sinematografer yang menempatkagongn Gong Li dalam proyek debutnya , "Red Sorghum" [1987] yang segera mendapat kesuksesan dan apresiasi internasional seperti penghargaan Golden Bear dalam Festival Film Berlin.

Duet profesional antara Gong Li dan Zhang Yimou turut membentuk perfilman Tiongkok untuk satu dekade berikutnya dan juga turut berkontribusi pada meluasnya penerimaan film Tiongkok di dunia Barat. Gong Li kemudian membintangi Codename Gougar 代号美洲豹 [1989] dan The Terracota Warrior 秦俑 [1989] dan kembali mencapai sukses internasional dalam film Ju Dou 菊豆 [1990] dan masterpiece Zhang Yimou berikutnya , "Raise The Red Lantern" 大红灯笼高高挂[1992]. Dalam film ini Gong Li berperan sebagai seorang wanita yang mandiri yang mendapat tekanan dalam kultur patriarkal. Ditahun yang sama Gong Li bermain dalam "The Story of Qiu Ju" 秋菊打官司 yang tidak terlupakan bagi penonton dengan unsur komedi , Gong Li dalam film ini berperan sebagai istri yang pantang menyerah untuk mencari keadilan walaupun dalam keadaan hamil. Karena peran ini , Gong Li mendapat penghargaan dalam Festival Film Internasional di Venezia sebagai aktris terbaik.

Gongli membintangi film karya Chen Kaige , " Farewell, My Concubine " [1993] dan memenangkan penghargaan Palme d'Or di Festival Film Cannes. Ini adalah pertama kali Gong Li mendapat penghargaan internasional dalam film yang tidak disutradarai Zhang Yimou, meskipun untuk berikutnya Gong Li masih  akan membintangi beberapa film Yimou seperti, "To Live" 活着 [1994] dan "Shanghai Triad" 摇啊摇,摇到外婆桥 [1995]."Perpisahan" hubungan pribadi dan profesional antara Gong Li dan Zhang Yimou membawa karir Gong Li kearah lain. Gong Li kemudian menikah dengan pengusaha asal Singapura , Ooi Hoe Seng. Setelah itu Gong Li tampil dalam beberapa film garapan Chen Kaige seperti Temptress Moon  [1996] dan The Emperor and The Assasin [1999]. Di tahun 1997, Gong Li tampil untuk pertama kalinya dalam film berbahasa Inggris dalam "Chinese Box" [1997]. Bintang Gong Li terus bersinar dalam beberapa film populer seperti film garapan Rob Marshall , "Memoirs of a Geisha" yang diangkat dari novel yang berjudul sama. Kemudian film "Miami Vice" bersama artis-artis Barat , film kolosal Curse of The Golden Flower [2006] , Hannibal Rising [2007] dan film remake bersetting urban dalam film "What Women Want" 我知女人心 [2011] bersama Andy Lau.

[Foto Ilustrasi : Gongli , sumber foto : bellazon.com] .Demikian biografi singkat mengenai Gong Li yang menghiasi dan mendominasi jagat perfilman Tiongkok selama hampir dua dekade . Gong Li dianggap sebagai wanita tercantik di Tiongkok menurut China Daily di tahun 2006. Di tahun 2008 , Gong Li menjadi warga negara Singapura berkaitan dengan pernikahannya dengan warga Singapura dan ditahun 2010 pasangan ini bercerai.

Huang Zhiwang

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa


Last modified onSaturday, 02 February 2013 08:23
Rate this item
(3 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1498-gong-li--profil-singkat-wanita-tercantik-di-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto