A+ A A-

Beberapa "Bila Ingin" Dalam Samkok

  • Written by  Rinto Jiang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |Setelah beberapa "jangan" di artikel sebelumnya, maka dalam artikel ini, juga disarankan apa hal yang boleh dilakukan bila kita terlibat dalam cerita Samkok.

 

Artikel Terkait:

{module [201]}

Bila ingin mencari suami, jadilah istri Lu Bu. Lu Bu tampan, kuat dan gagah juga sangat sayang istri. Alkisah, pasukan Cao Cao telah merangsek sampai ke pintu kota, ia masih bersikeras menemani sang istri.

Bila ingin menjadi prajurit, jadilah bawahan Gan Ning. Keamanan terjamin, tidak pernah mengkasari bawahan. Dalam satu misinya, ia membawa 100 prajurit pergi menyerang kubu lawan dan berhasil pulang tanpa kurang 1 prajuritpun.

Bila ingin mencari partner, carilah Zhao Yun. Waktu menyerang lawan, ia akan berada di depan. Waktu mundur, ia akan berada di belakang. Waktu terkepung, asalkan kita dapat bertahan hidup, jangan takut ia tidak akan menolong kita. Bila berjasa dan menerima penghargaan, kita akan mendapat 1/2 jasanya, yang perlu kita lakukan cukup berdiri di sampingnya.

Bila ingin meminjamkan barang, pinjamilah Lu Su. Lu Su itu orang paling baik dan jujur dalam Sam Kok. Meminjami barang, jangan takut tidak dikembalikan.

Bila ingin menjadi dokter, carilah pasien seperti Guan Yu (Kuan Kong). Mengoperasi lengan Guan Yu, tidak usah memakai obat bius. Hemat obat bius juga diberi banyak uang.

Bila ingin menangkap orang, tangkaplah Liu Chan (anak Liu Bei). Baru mau ditangkap, sudah menyerah duluan. Hemat tenaga. Juga patuh sekali pada penangkapnya.


Bila ingin belajar membunuh dengan mulut, bergurulah pada Sun Ce dan Zhuge Liang. Sun Ce membunuh lawannya cuma dengan berteriak, dan Zhuge Liang membunuh Wang Lang cuma dengan berdebat.

RINTO JIANG

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa


Last modified onMonday, 28 January 2013 11:31
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1507-beberapa-bila-ingin-dalam-samkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto