A+ A A-

Beberapa "Jangan" Dalam Samkok

  • Written by  Rinto Jiang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Setelah beberapa "bila ingin " di artikel sebelumnya, maka dalam artikel ini, juga disarankan apa hal yang jangan dilakukan bila kita terlibat dalam cerita Samkok. Beberapa saat lalu saya pernah membaca diskusi ringan oleh para penggemar Samkok di sini tentang hal2 yang yang seharusnya jangan dilakukan bila kita adalah salah satu tokoh dalam Samkok. Beberapa saya alihbahasakan dan sisanya saya tambahkan sendiri sepengertian saya akan cerita Samkok. Bagi rekan-rekan lain yang juga gemar akan cerita Samkok dan tokoh2nya, boleh juga menambahi atau nimbrung membagi-bagi pemikiran.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Jangan menjadi ayahnya Lu Bu. Ayah kandungnya mati muda, 2 ayah angkatnya, Ding Yuan dan Dong Zhuo tewas di tangannya sendiri.

Jangan ikut menjadi prajurit Zhang Fei. Zhang Fei punya kebiasaan buruk setelah mabuk minum arak. Ia terbiasa marah2 dan mencambuki prajuritnya setelah mabuk. Suatu waktu, ia pura2 mabuk untuk membohongi musuhnya, pura2 minum arak, pura2 mabuk namun benaran memukul prajuritnya.

Jangan dinikahi Liu Bei. Liu Bei pernah berucap, "Saudara bagaikan tangan dan kaki, isri hanyalah sepotong baju." 2 istrinya, Nona Mi dan Nona Sun sama2 tewas di dalam air, Mi tewas di dalam sumur dan Sun tewas di dalam sungai.

Jangan menikahi putri dari Menteri Qiao. Suami dari putri2nya punya nasib mati muda. Sun Ce, suami Da Qiao tutup usia pada umur 26 tahun. Zhou Yu, suami Xiao Qiao lebih baik nasibnya, masih bertahan sampai umur 36 tahun.

Jangan menjadi dokternya Cao Cao. Dua dokter Cao Cao, Ji Ping dan Hua Tuo sama2 bernasib tragis tewas di tangan Cao Cao sendiri.

Jangan menjadi pelayannya Cao Cao. Kalau mau jadi pelayan, jangan pernah menjadi pelayan Cao Cao. Cao Cao punya hobby membunuh orang dalam mimpi. Sesekali ia akan membunuh pelayan di kamar tidurnya dalam mimpi berjalannya.

Jangan menjadi partner Wei Yan. Bila berhasil, ia yang akan berjasa. Bila gagal, partnernya yang harus bertanggung jawab. Chen Shi yang dipenggal Zhuge Liang adalah contoh terbaik.

Jangan coba2 terpikat pada Diao Chan. Diao Chan, 1 dari 4 wanita tercantik dalam sejarah Tiongkok memang cantik dan memikat. Namun cuma dapat dinikmati dari jauh. Dua orang yang terlibat asmara dengannya mati mengenaskan. Lu Bu mati tercekik dan Dong Zhuo malah dipenggal lalu lemaknya digunakan untuk menyalakan api tiga hari tiga malam.


Jangan coba menangkap Meng Huo. Menangkap musuh memang jasa besar. Namun jangan coba menangkap Meng Huo karena ditangkap 1 kali belum cukup. Harus dilepas dan ditangkap enam kali lagi. Bila gak merasa capek? Silahkan.

Jangan meminjamkan barang kepada Liu Bei. Peribahasa terkenal, "Liu Bei meminjam Jingzhou, ada meminjam tiada kembali."


Rinto Jiang

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
More in this category: Beberapa "Bila Ingin" Dalam Samkok »
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1521-beberapa-jangan-dalam-samkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto