A+ A A-

Marga Du/To/Tou

  • Written by  Rinto Jiang & Sanny Darmadji
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

top_259

Supermodel Du Juan dalam busana modern-klasik di Shanghai Fashion
Courtesy of Moschino

Budaya-Tionghoa.Net | Marga Du 杜 (mandarin), To (hokkian), Tou (kanton) merupakan marga yang telah ada sejak zaman Dinasti Zhou, pada zaman pemerintahan Raja Zhou , Cheng Wang (sekitar tahun 1100 SM), ada data yang menunjukkan bahkan mungkin saja marga ini telah ada sejak zaman sebelumnya.Marga ini berasal dari marga Qi. Sebelumnya, pada zaman Dinasti Xia, orang bermarga Qi mendirikan negara di wilayah Liu dan mempunyai nama klan Yu Long. Di zaman Dinasti Zhou, keturunan klan Yu Long ini mendirikan negara Tang dan mengganti nama klan menjadi Tang Du.

Tak lama, Raja Zhou Cheng Wang menyerang dan memusnahkan negara Tang lalu menghadiahkan wilayah tadi kepada adiknya Yu. Orang klan Tang Du kemudian dipindahkan ke kota Du (sekarang di sekitar kota Xian, propinsi Shanxi), dan keturunan mereka mulai bermarga Du.Di zaman Dinasti Utara dan Selatan (sekitar abad ke-4 M), ada sekelompok suku Utara yang bermarga Duguhun yang mengganti marga mereka menjadi marga Du dan bertempat tinggal di kota Luo Yang (sekarang di propinsi Henan).


Di Singapura dan Malaysia, karena mayoritas Tionghoa menggunakan dialek Kanton dan Hokkian, maka Toh di sana adalah menunjuk kepada marga Du. Orang-orang terkenal dari marga Du seperti Du Fu yang terkenal sebagai "The Poetic Sage" pada zaman Dinasti Tang. Untuk zaman sekarang ini misalnya penyanyi Hong Kong adalah  Alex To (Du De-wei).

Marga Du (Tu) sudah ada di pulau Jawa pada sekitar tahun 1800-an. Asal marga Du (Tu) di Indonesia adalah dari Ma Luan Xiang, Dongan, Fujian. Menurut catatan pada rumah abu marga Du di Ma Luan Xiang pada sekitar tahun 1800-an tersebut ada lima putra Du Guang He, Ma Luan Xiang, merantau ke luar Tiongkok, di mana empat orang pergi merantau ke Pulau Formosa (Taiwan), dan yang seorang ke Pulau Jawa (Jawa Tengah). Beliau kemudian menjadi nenek moyang marga Du dari Desa Surjo dan Pekalongan. Lalu seluruh keturunan Du asal Ma Luan Xiang di Indonesia menggunakan nama Touw (dialek Fujian di Indonesia).

Nenek moyang seluruh keturunan marga Du di Ma Luan Xiang, Dongan, Fujian adalah Jendral Yin Qian Kong (Du Ren), yang merupakan cucu dari Du Rang Ren, yang pada masa akhir dinasti Tang (tahun 618M - 907M) diangkat menjadi Duta Besar Kerajaan Tang yang berkedudukan di Shan Nan. Du Rang Ren kemudian pindah dari Shan Nan (karena terjadi huru-hara di daerah tsb.) ke Shanyin, Yuezhou, kota Shaoxing, Zhejiang dan menetap di sana hingga dinasti Nan Song (tahun (1279M).

Karena keganasan tentara Mongol kemudian Du Ren menghindar ke daerah selatan untuk mencari suatu tempat yang akan dijadikan tempat tinggal yang baru bagi beliau dan keturunannya. Ketika beliau berada di suatu tempat di daerah Dongan, Fujian, kebetulan lonceng yang dibawa beliau jatuh dari kuda ke tanah di tempat tsb. dan karena tempat itu dipilih menjadi tempat tinggal yang baru, maka tempat itu diberi nama Ma Luan Xiang.

"Du" (TU) dalam tulisan (pinyin), terdiri dari dua huruf, yakni "mu" dan "tu".

Dalam catatan silsilah yang ada pada keluarga Touw (ditulis dalam huruf China Tradisional) terdapat tulisan mengenai perpindahan marga Du dari "tembok batu" ke Tiongkok Tengah (= cocok dengan tulisan sejarah, bahwa pada masa raja Nan Bei Chao (tahun 420M - 550M) terjadi exodus suku bangsa Du dari perbatasan ke Tionkok Tengah).

FIGUR BERMARGA DU

  1. Du Fu 杜甫(712-770) : Dianggap sebagai dua penyair terbesar Tiongkok pada masa Dinasti Tang bersama Li Bai .
  2. Du Qifeng 杜琪峰 (1955) : Johnnie To seorang sutradara top Hong Kong
  3. Du Dewei 杜德伟 (1962) : Alex To (To Tak-Wai) seorang penyanyi populer Hong Kong
  4. Du Wenze 杜汶泽 (1972) : Chapman To ( To Man-Chak) seorang aktor Hong Kong
  5. Du Yihe 杜奕衡 (1978) : Mark Du , seorang aktor dan penyanyi mainland
  6. Du Juan 杜鹃 (1982) : Supermodel Tiongkok
  7. Du Xiaoting 杜晓婷 (1985) : Sunny Du , seorang aktris mainland dari suku bangsa Hui
  8. Du Haitao  杜海涛 (1987) : Seorang aktor mainland

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

 

 


Last modified onSunday, 01 September 2013 02:28
Rate this item
(4 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/153-marga-du-to-tou

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto