A+ A A-

PetroChina Masuk Lima Besar Perusahaan Energi Dunia

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Tahun 2010 merupakan tahun pemulihan , tetapi bagi beberapa pihak tahun 2010 merupakan tahun dengan penuh pencapaian. Sebagai negara dengan populasi terbesar sepanjang sejarah , Tiongkok juga menghadapi gerak masyarakat dari desa ke kota. Sekalipun pertumbuhan Tiongkok telah melambat karena kebijakan one child policy , pertambahan penduduk di kota tetap tidak terhindarkan seiring dengan kebangkitan ekonomi di negara itu. Urbanisasi menjadi salah satu pendorong utama dibalik pertumbuhan pesat daerah dalam konsumsi energi.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Permintaan minyak dunia di tahun 2010 meningkat 3.1 persen pertahun menjadi 87.382 juta barel perhari , melampaui puncak tahun 2007. Naiknya permintaan diikuti oleh naiknya harga.

Perusahaan : PetroChina Negara : PR China

Lokasi : Asia-Pasifik

Aset : $254,914 mil

Revenues : $220,177 mil

Profit : $21,034 mil

ROI : 12 %

3yr CGR Revenues :21%

Data : Standard & Poor's Compustat

Raksasa minyak , PetroChina berada diperingkat keempat dari daftar 250 perusahaan top energi dunia. Dengan demikian PetroChina menjadi perusahaan pertama yang masuk dalam jajaran lima besar. Peringkat itu disusun oleh Platts berdasarkan performa perusahaan setahun terakhir dalam nilai aset , revenues , profit dan return dalam modal investasi.

Aset PetroChina meningkat hampir lima kali ke 255 miliar USD di tahun 2010 dari hanya 52 milyar USD sepuluh tahun sebelumnya yang masih berada di peringkat 12 saat itu. Pendapatan meningkat 7.5 kali dalam periode yang sama.

Peringkat pertama masih diduduki , Exxon Mobil dan Chevron. Gazprom dari Russia berada ditempat ketiga. SA dari Perancis menduduki peringkat kelima. PetroBras yang biasanya berada di lima besar , turun ke peringkat 12. British Petroleum turun ke peringkat 118 sejak insiden teluk Meksiko.

Larry Neal , presiden Platts , mengatakan bahwa peringkat menggambarkan pertumbuhan dalam satu dekade perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik. Tidak hanya laju konsumsi energi di Asia yang meningkat dibanding kawasan lain , tetapi perusahaan Asia bergerak maju diluar basis domestik dan tumbuh menjadi pemain kunci di tataran global.Diantara 250 perusahaan energi papan atas , 70 perusahaan berasal dari kawasan Asia Pasifik.Pertumbuhan konsumsi energi di kawasan Asia Pasifik tumbuh 5.6 persen setiap tahun.

Laju pertumbuhan Tiongkok bahkan mencapai 10% di tahun sebelumnya. Sinopec , perusahaan raksasa Tiongkok lainnya berada di posisi kedelapan pada tahun ini. Yang sangat mengesankan adalah pencapaian itu Selain Tiongkok , Jepang memiliki 18 perusahaan di Top 250 , disusul India dan Tiongkok yang masing-masing berjumlah 13 perusahan.

PetroChina Company Limited didirikan pada tahun 1998 sebagai bagian dari restrukturisasi CNPC.  memproduksi dan mendistribusikan minyak dan gas di Republik Rakyat Tiongkok. Beroperasi dalam empat segmen : eksplorasi dan produksi , penyulingan dan kimia , pemasaran , gas alam . [China Daily]

Referensi :

  1. PetroChina Joins World's Top 5 Energy Ranks , 3 November 2011

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1562-petrochina-masuk-lima-besar-perusahaan-energi-dunia

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto