A+ A A-

Kisah : Yi Jian Wei Rong - Tentang Gaya Hidup Sederhana

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Setiap orang tentunya memiliki gaya hidup sendiri-sendiri. Dari gaya hidup kita bisa memberikan penilaian kepada seseorang. Menurut pembaca sekalian gaya hidup yang bagaimanakah yang paling sesuai dengan jaman sekarang ini? Semoga kisah berikut bisa menambah wawasan kita dalam hal gaya hidup.

Artikel Terkait :

{module [201]}

 

Bagaimanapun gaya hidup sederhana adalah gaya hidup masa kini yang paling tepat.

Pada jaman Chun Qiu di kerajaan Lu hiduplah seorang perdana menteri yang bernama Li Wen Zi. Dalam kesehariannya Li Wen Zi sangatlah sederhana. Li Wen Zi sekeluarga semuanya mengenakan pakaian yang terbuat dari kain biasa, padahal mereka mampu membeli kain sutera. Suatu ketika ada seseorang berkata kepada Li Wen Zi: "Status anda adalah sebagai perdana menteri. Anda demikian hemat,bisa dianggap kikir oleh orang lain. Hal ini bukan saja dapat merusak citra anda,akan tetapi juga merugikan citra kerajaan di mata dunia."

Selesai mendengarkan, Li Wen Zi lantas menjawab: "Yang saya tahu adalah, seorang bijak akan menggunakan kebijaksanaan, pengetahuan dan kemampuannya berkorban untuk kehormatan negara. Sejak dahulu kala tidak pernah ada seorangpun menggunakan cara berpakaian mewah dan berkereta kuda yang bagus untuk mendapatkan pujian. Di bawah prakarsa Li Wen Zi ,semua orang di kerajaan Lu menjadi terbiasa untuk hidup sederhana.

Bagaimanapun gaya hidup sederhana adalah gaya hidup masa kini yang paling tepat. Berpakaian glamour di tempat yang kurang tepat justru mengundang kejahatan. Menggunakan sumber daya alam secara hemat berarti memberikan kesempatan kepada generasi selanjutnya untuk turut menikmati kekayaan tersebut. Masyarakat yang hidupnya berkekurangan juga masih banyak, dengan hidup sederhana kita bisa memperkecil kesenjangan sosial.

Xie Zhengming

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1585-kisah--yi-jian-wei-rong-tentang-gaya-hidup-sederhana

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto