A+ A A-

Han Fei Zi : Orang Dari Negara Zheng Membeli Sandal

  • Written by  Liu Weilin
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Pada jaman dahulu kala , ada seorang dari negara Zheng [Negara Zheng adalah salah satu vassal dari Dinasti Zhou dan terletak di provinsi Henan modern] berencana membeli sandal di pasar. Untuk itu dia terlebih dahulu mengukur ukuran kaki dia , sehingga dia membuat sebuah mistar. Akan tetapi dia membuat kecerobohan saat akan pergi kepasar sehingga mistar tertinggal diatas kursi rumahnya.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Fleksibel dalam setiap kondisi atau anda akan kehilangan waktu dan energi. 

Ketika dia tiba di pasar , dia menemukan satu tempat untuk membeli sandal. Ketika akan membeli sandal , dia baru tersadar akan mistarnya yang tertinggal dirumahnya. Sehingga berkatalah dia kepada penjual sandal . "Saya telah lupa hingga mistar saya tertinggal dirumah. Tunggu saya pulang kerumah untuk mengambil mistar saya". Sehabis berkata demikian , pria tersebut kembali kerumah dengan tergopoh-gopoh dan bergegas kembali lagi kepasar.

Saat dia tiba di pasar , hari sudah beranjak sore dan orang-orang dipasar sudah pulang kerumah masing-masing. Dia merasa sia-sia sudah pulang pergi rumah-pasar dan tujuannya tidak tercapai. Orang yang melihat hal ini merasa aneh dan bertanya kepada dia : "Mengapa anda tidak menggunakan kaki anda untuk mencoba sandalnya?". Pria dari negara Zheng ini menjawab :" Saya lebih baik percaya kepada mistar yang telah saya ukur daripada percaya kaki saya."

Moral dari kisah ini adalah fleksibel dalam setiap kondisi dan jangan kaku , atau anda akan kehilangan waktu dan energi.

Liu Weilin

20 November 2011

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1589-han-fei-zi--orang-dari-negara-zheng-membeli-sandal

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto