A+ A A-

Kisah Lu Meng : Orang Yang Mau Belajar

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Pada jaman sanguo di kerajaan Wu hiduplah seorang yang bernama Lu Meng. Lu Meng terlahir dalam keluarga miskin,karena itu ia tidak bisa bersekolah. Berkat kerja keras dan sifat mandiri yang tinggi Lu Meng pada akhirnya bisa menjadi orang yang terhormat. Lu Meng sangat mahir dalam ilmu beladiri. Pada masa pemerintahan Sun Ce, Lu Meng sering membantu saudara iparnya yang bernama Deng Dang menu...mpas gerombolan perampok. Ketika Sun Ce mangkat, pucuk pimpinan kerajaan Wu digantikan oleh Sun Quan. Pada masa pemerintahan Sun Quan,Lu Meng diangkat menjadi seorang jenderal.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Mengingat latar belakangnya, Sun Quan pada suatu kesempatan memberikan nasehat kepada Lu Meng: sekarang anda adalah seorang pejabat kerajaan. Akan sangat bermanfaat jika anda meluangkan waktu untuk belajar. Dengan belajar kita akan mempunyai wawasan yang luas. Setiap masalah tidak harus diselesaikan dengan kekerasan.Semenjak itu Lu Meng banyak menyempatkan waktu untuk belajar.Beberapa tahun telah berlalu,Lu Meng banyak sekali menyerap ilmu-ilmu baru dari hasil belajar.

Atas saran dari Lu Meng daerah Chang Jiang dibangun sebuah benteng yang kuat, sehingga kerajaan Wu terhindar dari serangan Cao Cao.Suatu hari ahli militer yang bernama Lu Shu datang berkunjung. Dari hasil pembicaraan ringan yang dilakukan,Lu Shu dapat memahami jika Lu Meng yang sekarang tidaklah sama dengan Lu Meng yang dulu.Sekarang Lu Meng wawasannya bertambah sangat luas.

Dalam masyarakat akan kita jumpai banyak sekali jenis orang.Ada yang sejak lahir sudah bijaksana.Sebagian orang karena belajar lantas menjadi bijaksana.Jenis yang lain ialah:karena mengalami kesulitan hidup lantas insyaf dan mau belajar.Yang terakhir adalah:orang yang sekalipun sengsara tetapi tidak mau insyaf untuk belajar.Dalam kisah di atas Lu Meng adalah termasuk jenis orang yang ketiga.Orang jika tidak mau belajar kapan bisa merubah nasib,apalagi menjadi bijaksana?

Xie Zheng Ming

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghua

 

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1622-kisah-lu-meng--orang-yang-mau-belajar

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto