A+ A A-

BANDENGNYA JANGAN DIBALIK, OIIII....!

  • Written by  Ophoeng Loupez
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Katanya, ada kepercayaan di kalangan orang Tionghoa, kalau makan ikan, janganlah hendaknya dibalik badannya kalau satu sisi dagingnya sudah habis dicubiti. Katanya, itu kerana ikan bagaikan kapal, perahu, jadi kalau dibalik - tentu saja penumpangnya ikut karam - filosofinya: kapal = periuk nasi, rejeki bagi nelayan, jadi gak boleh dibalik, jeh!

Artikel Terkait :

{module [201]}

Padahal mah, logikanya, ikan hidup itu pan berenangnya kagak terlentang seperti ikan di piring saji toh? Kalau sudah telentang begitu, mana atas-bawahnya kan gak jelas lagi. Tapi, yah... percaya ajah dweh, drpd ntar dituding-tuding dan dikampanye-hitamkan terus oleh para patriot protektor budaya kalau gak percaya toh?

Nah, mumpung deket-deket Sincia nih, pan adat-istiadatnya yang khas Jakarta konon kabarnya anda mesti kudu harus anter bandeng ke mertua - adu gede-gedean ukurannya ama para ipar, makin gede makin bergengsi tuh, euy!

Jangan lupa kalau makan pindang bandeng presto, yang biasanya sih sudah telentang di piring, jangan saking keasyikannya nyubitin, lantas maen ngebalik ajah tu bandeng yang sudah habis satu sisi dagingnya.

Kenapa?

Ada sejarahnya nih: ceritanya ada tukang listrik disuruh perbaiki semua perkabelan di satu rumah ibu. Sebelum si ibu pergi, dia sudah pesen ama si tukang + asistennya untuk makan siang di rumah si ibu. lauknya: pindang bandeng presto.

Nah, si tukang + asisten asyik deh nyubitin tu bandeng. Tentu saja bentaran ajah sudah ludes deh satu sisinya. Sambil ngobrol, sambil nyubtitin bandeng - asyik bener, tanpa sadar tangan udah langsung mau ngebalik ajah tu badan bandeng.

Eh, tiba-tiba sajah ada teriakan dari loteng:
"Bandengnya jangan dibalik, oiiiii.....! Ada yang belon makan nih, euy!"

Karuan saja si tukang + asistennya secara refleks menarik tangannya dari si bandeng, dan nengok ke atas, ternyata itu anak si ibu yang baru balik dari sekolah dan kelaperan. Hanya saja, kerana sudah diajarkan etiket sopan-santun, dia cuma mandah rela-tak-rela nungguin ajah di loteng sampai si tukang + asistennya selesai makan.

Hanya saja, tentu dia gak rela kalau bandeng presto kedoyanannya dihabiskan ama tu tukang + asistennya yang gak ingat orang lain tak tahu diri mau ngabisin tu bandeng, jeh!

Makanya, timbullah tradisi jangan membalik ikan (bandeng) sejak saat itu...

Ophoeng Loupez

http://ophoeng.multiply.com/

http://www.facebook.com/groups/budaya.tionghoa/10150529040487436/

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1629-bandengnya-jangan-dibalik-oiiii

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto